Peringatan Hari Pahlawan 2018 – Dimulai Dari Menjadi Pahlawan K3 di Tempat Kerja

Aspek K3 ini juga menurutnya merupakan komponen yang sangat penting dalam pemberian layanan kesehatan.

Peringatan Hari Pahlawan 2018 – Dimulai Dari Menjadi Pahlawan K3 di Tempat Kerja
kemensos.go.id
Logo Hari Pahlawan 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Untuk meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memberikan pelayanan kesehatan, Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan FK Unud melaksanakan seminar bertajuk "Optimalisasi K3 untuk Persiapan Akreditasi Layanan Kesehatan" di Ruang Pertemuan Dr. dr. A.A. Made Djelantik Fakultas Kedokteran Unud, Denpasar, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Dalam acara ini hadir tiga pembicara yaitu Daru Lestyanto ketua KAK3RS Pusat, Tubagus D.E. Abeng surveyor manajemen KARS, dan IGB Ken Wirasandhi ketua komite K3 RSUP Sanglah.

Ketua panitia seminar, Dinar DM Lubis mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian Fakultas Kedokteran Unud untuk memberikan update ilmu pada alumni yang bekerja di layanan kesehatan.

"Tujuannya saat ini semua rumah sakit dan layanan kesehatan melawati akreditasi dan masih banyak yang bertanya-tanya terkait K3 ini. Selain itu layanan kesehatan juga harus berkembang untuk menghadapi tantangan yang masih baru di era teknologi," kata Lubis.

Aspek K3 ini juga menurutnya merupakan komponen yang sangat penting dalam pemberian layanan kesehatan.

"Di sini juga dilakukan pelantikan asosiasi K3 untuk Provinsi Bali," katanya.

Sementara Kepala Departemen KMKP FK Unud, AA Sagung Sawitri mengatakan kelalaian terhadap aspek K3 khususnya dalam pemberian pelayanan kesehatan bisa berakibat fatal.

"Saya ingat saat KOAS, saya terpeleset, tertusuk jarun dan menggangap itu kelalaian saya sendiri karena tidak memperhatikan hal itu. Saat sudah jadi perhatian kita semua, dampaknga ternyata berakibat fatal semisal terinfeksi penyakit, jatuh patah tulang," katanya.

Ia berharap dengan seminar ini apalagi bertepatan dengan Hari Pahlawan setiap orang jadi pahlawan di tempat kerja masing-masing dengan membudayakan K3.

"K3 kini sudah jadi indikator dalam akreditadi rumah sakit maupun layanan kesehatan lain. Sehingga mulai hari ini kita mulai jadi pahlawan diri sendiri sehingga menjadi paham K3 dan menjadi pahlawan di tempat kerja dengan membudayakan K3 di tempat kerja masing-masing," imbuhnya.

Dengan target peseta 200 orang, seminar ini diikuti oleh lebih dari 210 orang. (*) 

Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved