Undiksha Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Senadimas

Undiksha bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggagas kegiatan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Undiksha Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Senadimas
Tribun Bali/M Ulul Azmy
Wakil Rektor I Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Arnyana M.Si saat membuka kegiatan Senadimas ke-3 di Prime Plaza Hotel Sanur, Sabtu (10/11/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tak hanya menyelenggarakan pendidikan dan penelitian, perguruan tinggi sebagai kawah candradimuka para generasi bangsa juga dituntut untuk mengimplementasikan pengetahuannya, dengan terlibat langsung dalam pengabdian pada masyarakat sebagaimana konsep Tri Dharma perguruan tinggi yang dibangun selama ini.

Mendukung penuh hal itu, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggagas kegiatan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Senadimas), Sabtu (10/11/2018).

Bertempat di Prime Plaza Hotel Sanur, sejumlah 147 presenter dari berbagai universitas berpartisipasi dalam Senadimas ketiga di tahun 2018 ini.

Ratusan presenter ini datang dari berbagai perguruan tinggi diantaranya Undiksha, Politeknik Negeri Kupang, Triatma Mulya Institute of Economy, Dualima Institute Jakarta, hingga Universitas Timor Leste.

Dalam kesempatan tersebut, peserta akan saling mempresentasikan proposal hasil pengabdian masyarakat mereka kepada dua reviewers (penilai), yakni Drs. Darsono Sigit M.Pd dari Universitas Negeri Malang dan Dr. rer.nat. I Wayan Karyasa S.Pd., M.Sc. dari Universitas Pendidikan Ganesha.

Wakil Rektor I Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Arnyana M.Si mengungkapkan, Senadimas ini merupakan sebuah implementasi para pengabdi masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab dunia IPTEK.

Melalui Senadimas, kata dia, diharapkan bisa lahir solusi-solusi inovatif dalam memecahkan permasalahan yang terjadi pada masyarakat.

Dengan inovasi, lanjut dia, menjadi penting sebagai pegangan yang menuntut kontribusi berbeda, dan lebih mengingat perkembangan zaman di era milenial yang ditandai dengan revolusi industri 4.0 ini.

Inovasi itu jika terbukti manjur maka akan berdampak pada peningkatan daya saing bangsa.

"Diharapkan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat melalui kegiatan ini, terutama masyarakat termarjinalkan, yang menjadi perhatian penuh para pengabdi melalui program pengabdian masyarakat masing-masing," terang dia kepada Tribun Bali.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved