Berita Banyuwangi

Banyuwangi Kembangkan Jeruk Unggulan di Dataran Tinggi

Pemkab Banyuwangi kembali menandatangani kerja sama untuk pengembangan varietas baru tanaman jeruk keprok di dataran tinggi

Banyuwangi Kembangkan Jeruk Unggulan di Dataran Tinggi
Surya/Istimewa
Banyuwangi saat mengembangkan bawang putih di dataran tinggi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Setelah mengembangkan bawang putih di dataran tinggi, Pemkab Banyuwangi kembali menandatangani kerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), untuk pengembangan varietas baru tanaman jeruk keprok di dataran tinggi.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, varietas yang dikembangkan adalah jeruk keprok varietas baru yang belum pernah ditanam di Banyuwangi sebelumnya.

Jeruk itu adalah varietas Rimau Gerga Lebong (RGL) yang khusus untuk areal medium dataran tinggi dengan ketinggian 400-900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jeruk yang selama ini diproduksi di Banyuwangi adalah jeruk keprok varietas siam dan pontianak yang cocok untuk dataran rendah dengan ketinggian 100-200 mdpl.

“Petani Banyuwangi digelontor 18 ribu bibit varietas RGL dari Kementan. Menteri Pertanian Pak Amran Sulaiman punya komitmen dan aksi nyata untuk terus memberi nilai tambah ke petani-petani di daerah. Belasan ribu bibit itu telah ditanam 70 petani di Desa Segobang dan Desa Kluncing dengan luas lahan tanam mencapai 25 hektar. Dua desa ini cocok untuk varietas RGL karena berada pada ketinggian di atas 600 mdpl dan memiliki jenis tanah gembur,” kata Anas, Rabu (14/11/2018).

Hamparan jeruk itu nantinya, lanjut Anas, juga menjadi lansekap baru yang menarik di dataran tinggi menuju kawasan Gunung Ijen yang mempunyai fenomena api biru (blue flame) yang telah mendunia.

Perjanjian yang diteken Anas dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan Muhammad Syakir, diharapkan bisa semakin meningkatkan kinerja sektor hortikultura di Banyuwangi.

“Banyuwangi memiliki agroklimat yang sesuai untuk pengembangan jeruk. Selain itu, tingkat keseburan tanahnya memadai,” kata Anas.

Jeruk RGL memiliki banyak keunggulan, di antaranya mempunyai cita rasa manis, asam dan segar dengan kandungan air yang banyak.

Jeruk keprok RGL juga lebih menarik karena memiliki kulit dan buah berwarna orange.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved