Satu Sapi Betina Milik Warga Ungasan Mati Setelah Disuntik Vitamin

Satu sapi milik warga Angas Sari Ungasan, Kuta Selatan, Bali ini mati setelah mendapatkan suntik vitamin dari Dinas Peternakan

Satu Sapi Betina Milik Warga Ungasan Mati Setelah Disuntik Vitamin
Istimewa / I Wayan Wadia
Sapi yang mati usai disuntik vitamin di Ungasan 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Satu sapi milik warga Angas Sari Ungasan, Kuta Selatan, Bali ini mati setelah mendapatkan suntik vitamin dari Dinas Peternakan.

Kelian Banjar Angas Sari atau Subak Abian Angga Sari, I Wayan Wadia menjelaskan, warga wilayah Angas Sari Ungasan, Kuta Selatan sesungguhnya sudah biasa mendapatkan pelayanan penyuntikan gratis rutin setiap tahun yang diberikan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Badung.

Dari tahun ke tahun tidak ada masalah, terlebih sampai menyebabkan hewan mati setelah mendapatkan pelayanan suntik itu, namun kali ini menyebabkan kematian.

"Dari total sapi milik warga, ada sekitar 50 ekor yang disuntik. Pelayanan ini untuk mendapatkan suntikan vaksin SE biasanya. Namun dokter membawa dua suntikan yakni vaksin SE dan vitamin. Jadi ada dua kategori, khusus sapi betina yang sedang bunting tidak boleh diberi vaksin SE, melainkan diberi vitamin. Kalau sapi jantan biasanya vaksin SE. Kalau biasanya vitamin itu sapi betina yang sudah pernah beranak," ujarnya, Kamis (15/11/2018)

Ia pun tidak tahu penyebab kematian sapi tersebut diakibatkan oleh apa.

"Penyuntikan dilakukan pada hari Senin (12/11/2018) kemudian sapi saya mati itu kemarin. Saya tidak tahu penyebabnya. Memang pada saat itu kita gak tahu kondisi perutnya seperti apa, ya kemudian disuntik vitamin," ujarnya.

Setelah kejadian tersebut, pihaknya menghubungi dokter hewan yang memang bertugas di wilayah Kuta Selatan.

"Kemarin langsung saya hubungi dokter, kemudian dokter tersebut langsung datang untuk mengecek keadaan sapi saya," ungkapnya.

Dari peristiwa tersebut, Dinas Peternakan merespon dengan menganjurkan untuk mengasuransikan sapi.

Namun warga enggan dengan mengasuransikan sapi-sapi mereka.

Halaman
12
Penulis: Rino Gale
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved