Hari Diabetes Sedunia - Cegah Diabetes dengan Kenali Risiko Sejak Dini

World Diabetes Day 2018 diadakan setiap tanggal 14 November, dengan sebutan Unite for Diabete sejak pada tanggal 20 Desember 2006

Hari Diabetes Sedunia - Cegah Diabetes dengan Kenali Risiko Sejak Dini
Tribun Bali/Ahmad Firizqi Irwan
Bincang santai dalam rangka World Diabetes Day 2018 pada Sabtu (17/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Peringatan World Diabetes Day 2018 bertempat di Orchid Room, Lantai 2, Gedung D, RSU Prima Medika, Jalan Sesetan, nomor 10, Denpasar, Bali.

Acara ini merupakan kerja sama Soyjoy bersama RSU Prima Medika dalam rangka World Diabetes Day 2018, Sabtu (17/11/2018).

Mengusung tema 'Bincang Sehat Diabetes. Kenali, Cegah & Kendalikan Diabetes', acara ini dihadiri langsung oleh Dr. dr. Made Ratna Saraswati, Sp.PD-KEMD, FINASIM.

"Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang diabetes, baik risiko terkena diabetes bahkan risiko mengalami komplikasi diabetes," ujar dr Made Ratna Saraswati kepada Tribun Bali.

World Diabetes Day 2018 diadakan setiap tanggal 14 November, dengan sebutan Unite for Diabete sejak pada tanggal 20 Desember 2006.

Unite for Diabete pertama kali diperingati di seluruh dunia pada tanggal 14 November 2007.

Dr Ratna menambahkan, pada tahun ini The Family and Diabetes menjadi tema peringatan World Diabetes Day.

Tema tersebut dijelaskan Dr Ratna untuk mengajak orang-orang di sekitar penderita, yang terkena penyakit diabetes bersama keluarganya untuk lebih mengenal lebih tentang diabetes.

"Dengan mengenali faktor risiko diabetes secara dini, kita dapat mencegah terjadinya diabetes dengan gaya hidup sehat. Bila gejala-gejala diabetes dikenal dengan baik, maka diagnosis diabetes dapat dilakukan secara dini dan selanjutnya pengobatan dapat dilakukan untuk mengendalikan diabetes," tambahnya.

Keluarga penderita diabetes adalah orang-orang dengan risiko diabetes, sehingga kesadaran tentang diabetes dan komplikasi yang diakibatkan diabetes penting dimulai dari keluarga.

Menurutnya, gaya hidup sehat harus dimulai sejak sebelum sakit yaitu mengatur pola makan, baik jenis, jadwal dan jumlah yang tepat sesuai kebutuhan, serta melakukan aktivitas fisik serta olahraga yang cukup.

Selain itu, soyjoy dalam acara ini juga terus memberikan support terkait kegiatan acara yang memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Kita selalu konsisten dalam men-support kegiatan edukasi pada pasien diabetes. Snack sehat dari soyjoy juga baik untuk diberikan bagi pasien diabetes yang memiliki indeks glycaemic yang rendah," ujar Kadek Hendra, Brand Communication Executive.(*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved