Bali Paradise

Eksotiknya Pantai Lumangan Nusa Penida Keren Banget, Ada Relief Alam Terowongan Ombak

Ni Putu Asetya Wulandari (24), wisatawan domestik asal Denpasar tampak sibuk mengabadikan foto saat berkunjung ke Pantai Lumangan

Eksotiknya Pantai Lumangan Nusa Penida Keren Banget, Ada Relief Alam Terowongan Ombak
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Pemandangan Pantai Lumangan di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Minggu (18/11/2018). Pantai ini adalah destinasi baru di Nusa Penida yang layak untuk dikunjungi. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Ni Putu Asetya Wulandari (24), wisatawan domestik asal Denpasar tampak sibuk mengabadikan foto saat berkunjung ke Pantai Lumangan, Dusun Penangkinan, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Minggu (18/11).

Ia begitu menikmati suasana di pantai yang  yang belum dikenal wisatawan ini.

"Walau jalannya cukup menguras tenaga, tapi sampai di bawah sangat luar biasa. Rasa lelah itu benar-benar terbayarkan dengan keindahan panorama alam di pantai ini. Masih sangat alami," tutur Wulandari.

Pantai Lumangan
Pantai Lumangan (Tribun Bali/Eka Mita Suputra)

Pantai Lumangan berjarak sekitar 20 Km atau 1,15 Jam perjalanan dari Desa Batununggul yang dikenal sebagai Kota Kecamatan di Nusa Penida. Pantai ini dihimpit oleh pantai Kelingking dan Pasih Uug.

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya di Desa Bungamekar, Pantai Lumangan dikelilingi tebing curam dengan pesisir berupa batu karang.

Relief alamnya menyerupai terowongan ombak mengikuti alur ombak yang masuk dari selatan.

Jalan menuju pantai ini, masih berupa jalan setapak dan berkrikil. Pengunjung harus berjalan kaki, menuruni tabing karang.

Sebelum akhirnya bisa sampai di pantai berpasir putih ini  "Bila ingin berkunjung ke pantai Lumangan, waktu paling baik adalah saat air dalam kondisi surut sehingga pesonanya bisa diekplore. Pantai ini masih alami, jalan kearah pantai  masih berupa jalan setapak tanah dan berbatu," ujar Perbekel Bunga Mekar, Made Yasa.

Pemandangan Pantai Lumangan di Desa Bunga Mekar.
Pemandangan Pantai Lumangan di Desa Bunga Mekar. (Tribun Bali/Eka Mita Suputra)

Di sekitarnya ada lokasi menyelam. Terbukti banyak boat setiap hari yang datang membawa wisatawan kewilayah ini.

“Harapan kami pemerintah daerah bisa membantu dan bersama-sama memperkenalkan objek wisata ini agar ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara karena letaknya yang juga berdekatan dengan destinasi pantai Kelingking, Angel Billabong dan Pasih Uwug,” sebutnya. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved