Anjing Rabies Gigit Bocah 5 Tahun di Bangli, 115 Anjing di 3 Dusun Dieliminasi

Belasan anjing yang diduga sempat mengalami kontak langsung dengan anjing rabies, dieliminasi pada Senin (19/11/2018).

Anjing Rabies Gigit Bocah 5 Tahun di Bangli, 115 Anjing di 3 Dusun Dieliminasi
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Petugas menggunakan tulup untuk mengeliminasi anjing yang diduga sempat mengalami kontak langsung dengan anjing rabies di Bangli, Senin (19/11/2018) 

BANGLI, TRIBUN BALI – Kejadian anjing rabies yang menggigit bocah usia lima tahun di Dusun Alisbintang, Desa Sulahan, Susut akhirnya mendapat tindak lanjut dari pihak Dinas.

Belasan anjing yang diduga sempat mengalami kontak langsung dengan anjing rabies, dieliminasi pada Senin (19/11/2018).

Kegiatan eliminasi yang dimulai pada pukul 08.30 wita itu, selain menyasar Dusun Alisbintang, juga menyasar dua dusun lain.

Yakni Dusun Bungkuan, dan Dusun Cekeng, Desa Sulahan, Susut.

Proses eliminasi dilakukan menggunakan sebuah alat menyerupai pipa sepanjang 1 meter.

Oleh warga sekitar alat itu disebut tulup.

Pada bagian ujung tulup, dimasukkan peluru berupa suntikan yang telah diisi cairan dan tak lama berselang anjing yang telah terkena suntikan akan mati.

Kepala Dusun Alisbintang, Desa Sulahan, Susut, I Nyoman Muliawan menjelaskan, eliminasi yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari kasus gigitan anjing, yang menyerang seorang bocah bernama Made Krisna Bastian pada Jumat (9/11) lalu. Terlebih, anjing yang menggigit di bagian atas lengan kanan bocah usia 5 tahun itu positif rabies.

“Sudah sempat dilakukan pengambilan sample, dan memang anjing itu positif rabies. Ini merupakan kasus kedua di tahun 2018. Kami khawatir karena anjing itu tidak diketahui pemiliknya, penyakit anjing itu menular pada anjing-anjing lain yang sempat mengalami kontak. Maka dari itu kami eliminasi anjing-anjing liar maupun yang diliarkan,” ungkapnya.

Muliawan juga menegaskan bahwa proses eliminasi anjing liar ini telah melalui tahap paruman bersama masyarakat sekitar, dan telah ada kesepakatan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved