Rudenim Denpasar Gelar Sosialisasi Perpres Tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri

Puluhan pegawai dari beberapa instansi seperti Basarnas Provinsi Bali, TNI AD, TNI AL, Linmas Kuta Selatan, dan lainnya berkumpul

Rudenim Denpasar Gelar Sosialisasi Perpres Tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Sosialisasi PP No. 125 Tahun 2016 Tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri di Rudenim, Denpasar, Selasa (27/11/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Puluhan pegawai dari beberapa instansi seperti Basarnas Provinsi Bali, TNI AD, TNI AL, Linmas Kuta Selatan, dan lainnya berkumpul di aula Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar, guna mengikuti sosialisasi Peraturan Presiden No. 125 Tahun 2016 tentang penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri, Selasa (27/11/2018) pagi.

“Kita melakukan sosialisasi Peraturan Presiden No. 125 Tahun 2016 tentang penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri. Datang dari luar Negeri tentu leading sektornya begitu tiba di Indonesia dan menyatakan diri sebagai pengungsi pencari suaka ini adalah urusan kita bersama dari berbagai stakeholder,” jelas Kepala Rudenim Denpasar Saroha Manullang.

Perpres ini mengatur bahwa penanganan pengungsi dikoordinasikan oleh Menteri Koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan.

 
Koordinasi dilakukan dalam rangka perumusan kebijakan meliputi: 

a. Penemuan; 

b. Penampungan;

c. Pengamanan; dan 

d. Pengawasan keimigrasian.

 
Penemuan Pengungsi dalam keadaan darurat di perairan wilayah Indonesia dikoordinasikan dan dilaksanakan oleh lembaga yang menyelenggarakan urusan di bidang pencarian dan pertolongan atau dalam hal ini dilakukan Basarnas dan TNI AL.

 
Perpres ini menegaskan, Rumah Detensi Imigrasi berkoordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota setempat untuk membawa dan menempatkan pengungsi dari tempat ditemukan ke tempat penampungan.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved