Jelang Libur Natal 2018 & Tahun Baru, Ditjen Hubud Gelar Ramp Inspection di 22 Bandara Termasuk Bali

Transportasi udara menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat setiap musim liburan.

Jelang Libur Natal 2018 & Tahun Baru, Ditjen Hubud Gelar Ramp Inspection di 22 Bandara Termasuk Bali
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Petugas melakukan ramp check pesawat beberapa waktu lalu di Bandara I Gusti Ngurah Rai pasca jatuhnya Pesawat Lion Air PK-LQP di Perairan Karawang beberapa waktu lalu. (Dok/Tribun Bali) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Transportasi udara menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat setiap musim liburan.

Demi menjamin kesalamatan dan keamanan dalam penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus mengoptimalkan pelayanan.

Salah satu cara mewujudkan pelayanan prima yakni dengan melaksanakan Ramp Inspection atau Inspeksi Keselamatan.

Ramp Inspection dilakukan kepada pesawat udara untuk memastikan bahwa pesawat tersebut laik terbang.

Apa itu Aircraft Ramp Inspection dan bagaimana pelaksanaannya di lapangan?

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menjelaskan bahwa berdasarkan Staff Instruction 8900-6.2, Ramp Inspection atau Inspeksi Keselamatan adalah rencana pemeriksaan yang dilaksanakan untuk memverifikasi kepatuhan terhadap standard dan aturan keselamatan penerbangam sipil yang telah ditetapkan.

Inspeksi ini dilakukan oleh tim Inspector yang terdiri dari Aircraft Operations Inspector, Cabin Safety Inspector dan Aircraft Dispatcher Inspector serta Airworthiness Inspector.

“Ramp Inspection dilakukan dengan mengacu pada Convention on International Civil Aviation (ICAO) juga dikenal sebagai Convention Chicago Amendment ke-9 tahun 2006 dan SI 8900-6.2 tentang Ramp Inspection lampiran ke 3 dalam annex ICAO untuk panduan Ramp Inspection atau Inspeksi Keselamatan”, tutur Polana, melalui rilis yang diterima Tribun, Rabu (28/11/2018).

Polana lebih lanjut menjelaskan bahwa Ramp Inspection dilakukan bersama-sama oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPU) dan Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) di seluruh Indonesia.

Ramp Inspection dilaksanakan sesuai jadwal surveillance yang telah ditentukan untuk tiap-tiap operator penerbangan dan juga bila ada event tertentu, pada masa peak season.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved