Hingga Esok Potensi Hujan Disertai Petir Melanda Seluruh Wilayah Bali

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan potensi hujan-sedang akan terjadi di seluruh wilayah Bali

Hingga Esok Potensi Hujan Disertai Petir Melanda Seluruh Wilayah Bali
Tribun Bali/Rizal Fanany
AWAN HITAM - Awan hitam menyelimuti langit di kawasan Monumen Bajra Shandi, Renon, Denpasar, Rabu (28/11/2018) sore. Hujan deras disertai petir dan angin kencang diprediksi akan terjadi di Denpasar dan daerah lainnya di Bali dalam tiga hari ini. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan potensi hujan-sedang akan terjadi di seluruh wilayah Bali pada 28-30 November 2018.

Masyarakat pun dimintai waspada.

Foskester BBMKG Wilayah III Denpasar, Wayan Wirata, Rabu (28/11/2018) menjelaskan, angin umumnya bertiup dari arah tenggara-selatan barat dengan kecepatan berkisar antara 8-34 km/jam.

Tinggi gelombang laut di perairan Utara Bali berkisar antara 0.25-2 meter dan di selat Lombok antara 0.5-2 meter.

Wirata mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan yang terkadang disertai kilat atau petir dan angin kencang, serta tinggi gelombang mencapai 2 meter di laut Bali.

"Kondisi ini disebabkan karena memasuki musim peralihan dari kemarau ke musim hujan," ujarnya kepada Tribun Bali, kemarin.

BMKG meminta masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar lebih memperhatikan potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai dua meter atau lebih di perairan utara dan selatan Bali.

Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terahkir, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir.

"Ya agar selalu memperhatikan informasi BMKG, khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrim," ujarnya. (*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved