Peserta Media Training Mandiri 2018 'Making Mandiri 4.0' Kunjungi Rasendriya Kriya Tulang Daun

Kriya tulang daun merupakan kerajinan tangan berbahan dasar tulang daun yang diolah menjadi produk kreatif inovatif.

Peserta Media Training Mandiri 2018 'Making Mandiri 4.0' Kunjungi Rasendriya Kriya Tulang Daun
Tribun Bali / Karsiani Putri
Antusias peserta dalam mengetahui proses pengolahan produk-produk Rasendriya Kriya Tulang Daun pada Kamis (29/11/2018) di UNNES 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARANG- Kamis (29/11/2018) rombongan peserta Media Training Mandiri 2018 'Making Mandiri 4.0', tengah mengunjungi UKM Binaan Mandiri, Rasendriya Kriya Tulang Daun, yang berlokasi di Lab Biologi, Gd D 11 Lt 2 FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Kriya tulang daun merupakan kerajinan tangan berbahan dasar tulang daun yang diolah menjadi produk kreatif inovatif. 

Bahan dasar tulang daun diperoleh dari proses perebusan hingga pemutihan dengan memanfaatkan limbah daun sebagai bentuk tanggung jawab universitas konservasi. 

Beberapa produk yang ditampilkan yakni berbagai produk kerajinan Rasendriya Kriya Tulang Daun seperti lukisan daun, gantungan kunci, pembatas buku dan masih banyak lainnya.

Program ini merupakan program Iptek Bagi Kreativitas dan Inovasi Kampus (IbKIK) yang diperoleh tim dari Kementrian Ristek Dikti Tahun Anggaran 2017-2019. 

Ditemui dalam kesempatan tersebut, salah satu tim pengembang, yakni Prof. Dr. Ir. Amin R MSi menyampaikan bahwa pemasaran produk-produk Rasendriya Kriya Tulang Daun sudah sampai seluruh benua karena kebanyakan dijadikan  sebagai souvenir. 

Hal ini tidak lepas dari peran Bank Mandiri yang banyak membantu Rasendriya  Kriya Tulang Daun salah satunya dalam hal promosi. 

"Kami beruntung bertemu Bank Mandiri karena Bank Mandiri merupakan pintu bagi kami untuk berkembang," ujar Prof. Dr. Ir. Amin R MSi. 

Dalam kesempatan tersebut, peserta diajak untuk mengetahui bagaimana cara dalam membuat berbagai produk Rasendriya  Kriya Tulang Daun. 

Mulai dari pengolahan dasar sampai dengan dilukisnya sebuah wajah di atas media tersebut. 

Banyak peserta nampak antusias dalam melihat proses pengolahan tersebut terbukti dengan banyaknya peserta yang mengambil foto sampai memberikan di sosial media masing-masing. 

Setelah kunjungan di Lab Biologi, Gd D 11 Lt 2 FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES), rombongan peserta akan melanjutlan perjalanan ke Mandiri University untuk mengikuti workshop. (*)

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved