Trans Europe Ramblers, Single Kolaborasi Sunmantra dan The Hydrant

Trans Europe Ramblers bernapaskan Rockabilly, yang lebih danceable dengan sentuhan new wave, techno, dan dark disco ala Sunmantra

Trans Europe Ramblers, Single Kolaborasi Sunmantra dan The Hydrant
Istimewa
Trans Europe Ramblers, kolaborasi paling anyar antara Sunmantra dengan The Hydrant. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Trans Europe Ramblers adalah kolaborasi paling anyar antara Sunmantra dengan The Hydrant.

Sebelum ini kolektif Dark Disco x kongregasi Rockabilly tersebut pernah berkongsi dan menerbitkan versi elektronik dari lagu “Bali Bandidos” milik The Hydrant.

Jika di edisi lalu bentuk kerja samanya berupa remix, maka kali ini materinya sama sekali baru, tembangnya belum pernah muncul ke publik serta digarap bareng sedari awal.

Trans Europe Ramblers bernapaskan Rockabilly, yang lebih danceable dengan sentuhan new wave, techno, dan dark disco ala Sunmantra.

Nuansa gitar terdistorsi dan fill in harmonika dari The Hydrant melebur dengan beats serta isian synthesizer dari Sunmantra, yang berusaha menggambarkan suasana tur Eropa The Hydrant pada Juli tahun lalu yang meriah nan magis.

Nuansa Eropa Timur terwakili dari notasi-notasi yang dibangun kedua grup musik tersebut, memperkenalkan dimensi baru khas area elektronik sayap kiri yang saat ini sedang bermutasi.

Proses produksi single ini memakan waktu lebih dari sebulan.

Kedua pihak saling melemparkan ide dan aransemen via email/WhatsApp untuk menyelesaikan tahap produksi awal dari lagu.

Proses rekaman kemudian dilakukan di studio milik The Hydrant serta proses akhir dilakukan di studio Sunmantra.

"Ide kerja sama bilateral ini datang dari Sunmantra. Bernardus Fritz Adinugroho, Jonathan Pardede, dan Omar Joesoef kepincut dengan energi liar dan magis khas Rockabilly yang kadang mengarah ke Psychobilly yang diusung oleh Marshello, Adi, Chris, dan Vincent," Manager The Hydrant, Rudolf Dethu.

Sunmantra sendiri sejatinya penggemar musik dari wilayah Rockabilly dan sekitarnya, serta beberapa kali telah memasukkan unsur dari aliran musik tersebut ke dalam karya mereka.

Bisa berkolaborasi dengan grup musik terbaik di aliran itu memang mimpi kolosal Sunmantra.

"Belum pernah terjadi di negeri ini dan saling silang elemen elektronik dengan Rockabilly niscaya menghasilkan produk unik-menarik," ucap pemilik Rudolf Dethu Showbiz.

Dirilis melalui label rekaman Pon Your Tone (Dipha Barus, Monica Karina, Mbe, Andre), lagu Trans Europe Ramblers rencananya akan dibawakan secara Live oleh Sunmantra dan The Hydrant pertama kali di konser Franz Ferdinand di Potato Head, Bali, 2 Desember 2018.(*)

Penulis: Putu Candra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved