20 Finalis Startup Transhub Challenge Kembangkan Ide Bisnis Bidang Transportasi

20 finalis lomba startup yang terdiri dari 10 Mahasiswa dan 10 kategori umum mengikuti workshop Transhub Community

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM,  MANGUPURA - 20 finalis lomba startup yang terdiri dari 10 Mahasiswa dan 10 kategori umum mengikuti workshop Transhub Community dengan tema "How To Be a Succesfull Startup".

Mereka dalam hal ini mengembangkan ide-ide kreatif bidang transportasi.

Kepala Badan Litbang Perhubungan, Sugihardjo menjelaskan, pihaknya mengadakan lomba dengan tujuan untuk menciptakan ide bisnis di bidang transportasi, baik terkait kualitas, keselamatan, maupun kapasitas yang lebih baru dari kalangan anak-anak muda.

Banyak ide-ide luar biasa yang dikeluarkan oleh para finalis berkaitan dengan keselamatan maupun layanan-layanan transportasi.

Misalnya untuk logistik ada trip logic, terkait masalah bagaimana publik transportasi jalan seperti Jakarta bike hup yang menggunakan sepeda elektrik dan masih banyak lainnya.

"Ide-ide ini harus dirawat, jangan sampai layu sebelum berkembang," ujarnya.

Maka dari itu pihaknya diberikan tugas oleh Kementerian Perhubungan untuk melakukan pendampingan dalam proses inkubasi.

"Menteri Perhubungan sudah membuat SK yang nantinya para 20 finalis ini ada 'bapak angkatnya' dari pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tertarik untuk mengeluarkan ide bisnisnya," ujarnya.

Tidak hanya sampai di situ, pihaknya juga memberikan pembelajaran dari startup yang sudah sukses.

Dengan mengundang para pembicara diantaranya Direktur Utama Bank Mandiri, CEO Traveloka, CEO Tiket.com, dan Pemimpin Redaksi Koran Tempo, serta para peserta yang merupakan stakeholders baik dari pemerintahan maupun  BUMN.

Misi Badan Litbang Perhubungan yakni untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak terkait pengembang startup finalis Transhub Challenge tahun 2018, serta meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, startup dan perusahaan BUMN, serta asosiasi terkait.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sarana percepatan implementasi ide bisnis startup Transhub Community dan pengembangan kerja sama antara startup dengan calon stakeholder," harapnya.(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved