Badan Litbang Perhubungan Harap Percepatan Implementasi Bisnis Transhub Community

Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Badan Litbang Perhubungan) berharap percepatan implementasi bisnis ide Transhub Community

Badan Litbang Perhubungan Harap Percepatan Implementasi Bisnis Transhub Community
Tribun Bali/Rino Gale
Peserta workshop Transhub Community dengan tema "How To Be a Succesfull Startup" berfoto bersama, di Co-Working space KEMBALI, Seminyak, Bali, Jumat (30/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Dalam workshop Transhub Community dengan tema "How To Be a Succesfull Startup", Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Badan Litbang Perhubungan) berharap percepatan implementasi bisnis ide Transhub Community.

Tema tersebut bertujuan meningkatkan networking dan kapasitas para ttartup, khususnya finalis dan pemenang lomba Transhub Challenge.

Terbentuknya Transhub Community dilatarbelakangi masuknya Era Revolusi Industri 4.0, yang memicu lompatan besar bagi sektor industri.

"Dimana teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan penting yang tidak hanya dalam proses produksi, melainkan seluruh rantai nilai industri hingga melahirkan model bisnis yang baru dengan basis digital, dan memanfaatkan internet (Internet of Things) guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik," ujar Kepala Badan Litbang Perhubungan, Sugihardjo saat ditemui Tribun Bali di Co-Working space KEMBALI, Seminyak, Bali, Jumat (30/11/2018)

Menurutnya, aspek penguasaan teknologi menjadi kunci penting dalam meningkatkan daya saing di Era Revolusi Industri 4.0.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini telah mendisrupsi beberapa sektor kegiatan perekonomian, seperti munculnya beberapa perusahaan startup di bidang transportasi.

"Sebagai regulator, maka Kementerian Perhubungan berkewajiban memberikan ruang kepada startup yang bergerak di bidang transportasi, untuk ikut meningkatkan kinerja dalam bidang transportasi dengan mengadakan lomba ide bisnis startup Transhub Challenge," ungkapnya.

Pengembangan ide bisnis startup bukan hal mudah dan membutuhkan sharing experience dari startup yang sudah mapan.

"Dengan pertemuan serta sharing bersama para startup khususnya finalis dan pemenang lomba Transhub Challenge, sehingga dapat menyusun program tindak lanjut ke depa, agar ide bisnis yang ada dapat diaplikasikan dan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja transportasi," harapnya.(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved