PHRI Bali Dukung Pemerintah Dalam Pembangunan Ekonomi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Data statistik menunjukkan dalam kurun waktu 4 tahun (2014 sampai 2018) pertumbuhan ekonomi stabil dan bahkan meningkat

PHRI Bali Dukung Pemerintah Dalam Pembangunan Ekonomi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Istimewa/Mandiri Djaya
Lemhanas RI dalam diskusi publik yang bertema Pembangunan Ekonomi Nasional, Capaian dan Problematika yang diselenggarakan oleh Mandiri Djaya di Hotel Sense Sunset Seminyak Bali, Sabtu (1/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pembangunan ekonomi nasional menurut UUD NKRI Tahun 1945 bertujuan untuk keadilan dan kemakmuran, kesejahteraan umum, pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, kekeluargaan, penguasaan negara dan demokrasi ekonomi.

Untuk capaian saat ini, data statistik menunjukkan dalam kurun waktu 4 tahun (2014 sampai 2018) pertumbuhan ekonomi stabil dan bahkan meningkat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Panutan S. Sulendrakusuma dari Lemhanas RI dalam diskusi publik bertema Pembangunan Ekonomi Nasional, Capaian dan Problematika, yang diselenggarakan oleh Mandiri Djaya di Hotel Sense Sunset Seminyak Bali, Sabtu (1/12/2018).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Ida Bagus Purwa Sidemen, menyatakan Provinsi Bali sebagai tempat tujuan wisata menyumbang 40 persen atau sekitar 8 Miliar USD devisa negara yang diperoleh dari sektor pariwisata.

Dengan total kunjungan wisatawan mancanegara hingga bulan Oktober 2018 mencapai 4,1 Juta dari target kunjungan wisman 6,5 juta di Pulau Dewata, adapun wisatawan terbanyak berasal dari China.

Orientasi masyarakat di Bali telah berubah dari yang semula merupakan masyarakat agraris dengan mata pencaharian sebagai petani menjadi masyarakat pelaku penyedia tempat wisata, dan hal ini juga berdampak meningkatkan kesejahteraan warga Bali dari pendapatan perkapita.

Pada saat ini hampir semua wilayah di Pulau Bali melakukan pembangunan yang berorientasi pada sektor wisata.

“PHRI juga sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi nasional, yang juga sejalan dengan program kegiatan PHRI untuk meningkatkan kemajuan sektor pariwisata terutama di pulau Bali,“ ujar Purwa Sidemen.

Sedangkan Pakar ekonomi dari Universitas Udayana, I Wayan Windia dalam diskusi tersebut menyampaikan visi pembangunan Bali tahun 2005–2025 tentang Bali Dwipa Jaya, adil dan demokratis serta aman dan bersatu, dalam wadah NKRI berlandaskan Tri Hita Karana.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved