Liputan Khusus

Kasus Baru HIV/AIDS Terbanyak dari Kalangan LSL atau Homoseksual

Berdasarkan data Yayasan Kerti Praja jumlah kasus baru HIV/AIDS yang ditemukan berdasarkan hasil tes sebanyak 10 hingga 22 orang per bulan

Kasus Baru HIV/AIDS Terbanyak dari Kalangan LSL atau Homoseksual
BBC
Ilustrasi Virus HIV 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Yayasan Kerti Praja mengungkap data terbaru terkait kasus HIV/AIDS di Bali.

Berdasarkan data di yayasan yang bergerak khusus dalam penanggulangan HIV/AIDS ini, jumlah kasus baru HIV/AIDS yang ditemukan berdasarkan hasil tes sebanyak 10 hingga 22 orang per bulan.

Dari jumlah tersebut, 75 persen berasal dari kalangan lelaki seks dengan lelaki (LSL) atau yang dikenal dengan sebutan homoseksual.

“Yang paling banyak sekarang tertular adalah dari lelaki seks dengan lelaki. LSL bahasanya. Nah persentasenya itu, misalnya ada 15 orang yang positif selama 1 bulan, 10 orangnya pasti dari kalangan itu (LSL). Banyak sekali yang begitu sekarang,” kata Koordinator Petugas Lapangan di Yayasan Kerti Praja, Dewa Nyoman Suyetna, pekan lalu.

Kalangan LSL yang positif HIV ini, kata Suyetna, rata-rata berusia 18 tahun sampai 30 tahun.

Kaum homoseks yang positif HIV ini, berdasarkan data Yayasan Kerti Praja, pada umumnya tinggal di Denpasar, Buleleng, dan Karangasem.

“Sebenarnya dari mana pun, ada saja yang LSL mengidap HIV/AIDS. Tapi yang banyak dari tiga daerah itu. Namun, asal mereka 60 persen dari luar Bali, dan 40 persen dari Bali,” ungkap pria yang sudah bergelut dengan para pengidap HIV/AIDS selama 26 tahun ini.

Suyetna mengimbau kepada para orang tua agar tidak hanya mengawasi tingkah polah anak perempuan saja, namun juga anak laki-laki.

“Kalau ibu-ibu di rumah kan tidak tahu anaknya LSL atau tidak. Yang diawasi anak-anaknya yang perempuan saja. Yang laki-laki tidak,” kata Suyetna.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, jumlah kaum homoseksual yang terinfeksi HIV/AIDS menempati urutan kedua setelah heteroseksual.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved