Hati-hati Saat Memotret Bayi Anda, Efek Flash Kamera Dapat Merusak Penglihatan Bayi

Hati-hati Saat Memotret Bayi Anda, Efek Flash Kamera Dapat Merusak Penglihatan Bayi

Hati-hati Saat Memotret Bayi Anda, Efek Flash Kamera Dapat Merusak Penglihatan Bayi
freepik
Memotret bayi 

TRIBUN-BALI.COM- Memotret bayi jadi salah satu aktivitas menyenangkan bagi orangtua. Untuk memaksimalkan hasil foto, terkadang orangtua menggunakan flash kamera.

Itu berarti cahaya tersebut pun mengenai atau ditangkap oleh mata bayi. Nah, sebenarnya aman atau tidak ya jika flash kamera menyorot mata bayi?

Dikutip dari laman parenting.firstcry.com, ada banyak perdebatan selama bertahun-tahun mengenai efek flash kamera pada bayi baru lahir.

Banyak orang berpendapat bahwa organ pada bayi sangat sensitif terhadap sumber cahaya yang kuat. Paparan sumber cahaya yang kuat seperti flash kamera dapat menyebabkan kerusakan penglihatan mereka.

Akan tetapi, penelitian ekstensif telah dilakukan tentang hal ini dan telah diamati jika kilatan kamera tidak memengaruhi bayi dengan cara apa pun.

Sama seperti sumber cahaya lain seperti cahaya lamput atau sinar matahari langsung, itu bisa memesona mata bayi selama beberapa detik.

Tapi itu tidak membahayakan penglihatan bayi dengan cara apa pun.

Walau demikian, flash kamera tidak boleh digunakan untuk mengambil foto bayi di ruangan yang gelap gulita atau dalam kondisi cahaya redup.

Sebab akan menciptakan efek kiat yang membuat kehilangan penglihatannya selama beberapa detik, karena flash menekan retina.

Di sisi lain, dokter telah melakukan penelitian dan menemukan hasilnya jika tidak ada hubungan yang membahayakan antara flash kamera dengan bayi.

Menggunakan flash kamera pada bayi tidak akan menyebabkan kerusakan pada penglihatan mereka, apalagi membuat kebutaan.

Meskipun memang tidak berbahaya untuk mata bayi, tapi tetap saja alangkah lebih baik jika Anda menghindari penggunaan flash kamera saat memfoto bayi.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Flash Kamera Berbahaya untuk Mata Bayi? Ini Penjelasannya

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved