Kali Pertama BDF Gelar Forum BDSC, Menlu Retno Ajak Pelajar Tidak Apatis Terhadap Demokrasi

BDF 2018 juga mengadakan dua acara lain yaitu Bali Democracy Student Conference (BDSC) dan Bali Civil Society and Media Forum

Kali Pertama BDF Gelar Forum BDSC, Menlu Retno Ajak Pelajar Tidak Apatis Terhadap Demokrasi
Tribun Bali/Rino Gale
Suasana Prescon BDF 2018 di BNDCC, Bali, Kamis (6/12/2018).┬áMenteri Luar Negeri, Retno Marsudi mangajak para pelajar untuk tidak apatis dalam menanggapi demokrasi. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pertemuan Bali Democracy Forum (BDF) 2018 tanggal 6-7 Desember 2018 ini tidak hanya mepertemukan berbagai negara saja, melainkan juga mengadakan forum lain, yakni Bali Democracy Student Conference (BDSC) dan Bali Civil Society and Media Forum.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pertama kalinya BDF 2018 mengadakan forum untuk para pelajar dan yang kedua kalinya untuk Bali Civil Society and Media Forum.

Tujuan diadakan kedua forum tersebut adalah agar pembahasan demokrasi dilakukan secara inklusif dan komprehensif dari sudut pandang yang beragam.

Pentingnya pertemuan antara para pelajar BDSC dengan maksud melibatkan anak muda sebagai generasi penerus pilar demokrasi di masa mendatang agar tidak apatis terhadap demokrasi.

"Kita memerlukan energi para millennials ini untuk terus melanjutkan perjuangan dalam memromosikan demokrasi," ujarnya.

Sedangkan, pertemuan Bali Civil Society and Media digunakan untuk mengulas peran masyarakat madani dan media sebagai penyeimbang dan komplemen proses pertumbuhan atau tumbuh kembangnya demokrasi mandi tahun 2018.

"Teman-teman ingat, ini juga seperti yang kita gelar yakni Bali Femocracy Forum Chapter Berlin pada tahun 2017. Kita juga menyelenggarakan Bali Democracy Forum Chapter dunia tulis. Tujuannya untuk memberikan satu kesempatan bagi kita untuk melakukan tukar pikiran mengenai pelaksanaan demokrasi dan tantangannya. Tidak hanya di kawasan Asia Pasifik tetapi di kawasan lainnya dengan tujuan untuk memperkaya demokrasi itu sendiri," ungkapnya.(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved