2 Bule Kasus Skimming Divonis 1 Tahun Penjara, Julius Benyamin Seran: Harusnya Bebas!

2 Bule Kasus Skimming Divonis 1 Tahun, Yulius Benyamin Seran: Harusnya Bebas!

2 Bule Kasus Skimming Divonis 1 Tahun Penjara, Julius Benyamin Seran: Harusnya Bebas!
Tribun Bali
Julius Benyamin Seran 

TRIBUN-BALI.COM- Ivan Hristov Stanchev (43) warga negara Bulgaria dan Plamen Nicolov Pandov (45) warga negara Australia divonis satu tahun penjara dan denda sebesar Rp 50 juta subsider tiga bulan penjara oleh majelis hakim karena terbukti melanggar pasal 30 ayat (2) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik, jo pasal 46 ayat (2), jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP, jo pasal 64 ayat 1 KUHP, jo pasal 53 ayat 1 KUHP.

Vonis ini jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa, yakni lima tahun penjara.

Ivan dan Plamen dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus kejahatan skimming ATM.

Keduanya divonis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri Semarapura, Rabu (5/11/2018).

Menanggapi vonis hakim, Pengacara keduanya, Yulius Benyamin Seran mengatakan, seharusnya kedua terdakwa dibebaskan.

Menurutnya, hukuman 1 tahun tidaklah tepat karena, kliennya hanya terbukti disuruh oleh seseorang wna asal Macedonia bernama Piter (DPO) utk memasang kamera di 3 ruang ATM BRI di Nusa Lembongan

"Apakah hanya memasang kamera dianggap melakukan skimming? Sementara kita tahu skimming adalah sebuah rangkaian proses pemantauan, pengambilan data elektronik milik nasabah, mengakses sistem komputer, menyalin data, kemudian menduplikat ke dalam kartu dan mengambil uang atau mentransfer uang milik nasabah secara ilegal. Nah, semua rangkaian skimming ini tidak terbukti," tegas Pengacara muda asal NTT ini.

Sementara pengacara lainnya, Laurensius Brindisi Deru menyampaikan bahwa khusus untuk kedua terdakwa tuduhan melakukan skimming adalah tidak berdasar.

Apalagi, fakta persidangan justru menunjukkan bahwa ada kamera CCTV yang justru dipasang oleh petugas bank yang juga dapat merekam nasabah saat memasukkan pin number.

"Kalau klien kami dihukum karena memasang kamera yang dapat merekam saat nasabah memasukkan pin number, bagaimana dengan petugas bank yang juga melakukan hal serupa," tanya Deru.

Halaman
12
Penulis: Aloisius H Manggol
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved