Berita Banyuwangi

Bandara hingga Bukit Teletubies Jadi Destinasi Wisata Arsitektur Favorit Banyuwangi

Sejumlah pemerintah kabupaten/kota dari berbagai provinsi datang untuk studi penerapan pembangunan yang mengadopsi arsitektur khas lokal

Bandara hingga Bukit Teletubies Jadi Destinasi Wisata Arsitektur Favorit Banyuwangi
Surya/Haorrahman
Konsep wisata arsitektur mulai berkembang di Kabupaten Banyuwangi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Konsep wisata arsitektur mulai berkembang di Kabupaten Banyuwangi.

Berbagai lembaga, peminat arsitektur, hingga kampus mendatangi kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu untuk melihat penerapan konsep arsitektur pada sejumlah bangunan dan lanskap.

”Ikhtiar kita bersama membangun Banyuwangi bersama arsitek ternyata membuahkan hasil di sisi lain. Selain mengoptimalkan fungsi bangunan maupun lanskap untuk kepentingan pelayanan publik, ternyata juga mampu menarik minat orang untuk datang,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Jumat (7/12/2018).

Para mahasiswa jurusan arsitektur telah ke Banyuwangi, antara lain Universitas Diponegoro Semarang, ITS, UI, hingga Universitas Atmajaya.

Rombongan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dari sejumlah provinsi pun telah mendatangi Banyuwangi.

Sejumlah pemerintah kabupaten/kota dari berbagai provinsi juga datang untuk studi penerapan pembangunan yang mengadopsi arsitektur khas lokal.

”Saya juga dapat info ada lembaga pegiat arsitektur di Jakarta yang membuka tur arsitektur awal 2019 di Banyuwangi. Mereka membawa para peminat arsitektur dari berbagai daerah,” ujar Anas.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah arsitek yang karyanya sudah lintas negara memang dilibatkan membangun Banyuwangi, mulai Andra Matin, Budi Pradono, Adi Purnomo, hingga Yori Antar.

Mereka mengembangkan ruang terbuka hijau, terminal bandara, fasilitas pendidikan, stadion, pasar tradisional, pendopo, hingga lanskap destinasi wisata.

”Kami berterima kasih kepada para arsitek, karena mereka punya dedikasi tulus mengembangkan daerah lewat arsitektur,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved