Mahasiswa UT Jembrana Tetap Bisa Ikut Seleksi Beasiswa, Tidak Ada Program Kelas Jauh dan Ekstensi

Direktur UT Denpasar, B. Esti Pramuki mengatakan pihaknya tetap menjamin anak didiknya di Jembrana bisa mengikuti seleksi penerimaan beasiswa

Mahasiswa UT Jembrana Tetap Bisa Ikut Seleksi Beasiswa, Tidak Ada Program Kelas Jauh dan Ekstensi
Istimewa/
Menristekdikti Prof H Moh Nasir, Ph. D bersama Rektor UT Prof Ojat Darojat, M. Bus saat gelar konferensi pers bersama awak media di Jakarta. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Baru-baru ini, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jembrana memberlakukan pengetatan persyaratan dalam memperoleh beasiswa mahasiswa berprestasi.

800 kuota beasiswa periode semester II 2018 ini diperketat lantaran jumlah pengajuan beasiswa yang membeludak, sehingga dipandang perlu ada klasifikasi tertentu bagi para penerima beasiswa.

Satu diantara klasifikasi itu ialah kuota akan lebih difokuskan bagi mahasiswa kelas reguler, sehingga menutup kemungkinan mahasiswa kelas jauh dan kelas ekstensi (kelas sabtu-minggu) untuk mendapatkan beasiswa.

Lebih lanjut, dalam hal ini pemberitaan di sejumlah media massa itu lalu mencantumkan nama Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang menyelenggarakan sistem pembelajaran kelas jauh dan kelas ekstensi lantaran dinilai mahasiswa sudah mapan secara ekonomi.

Adanya pemberitaan lalu membuat resah para anak didik UT karena khawatir kedepan tak lagi bisa mendapatkan program beasiswa.

Padahal, tidak semua mahasiswa UT memiliki pekerjaan, penghasilan dan riwayat ekonomi yang mapan.

Menanggapi hal itu, Direktur UT Denpasar, B. Esti Pramuki mengatakan pihaknya tetap menjamin anak didiknya di Jembrana bisa mengikuti seleksi penerimaan beasiswa karena memang kualitas mahasiswa UT memenuhi semua prasyarat.

"Ditambah, hasil IPK anak didik juga memenuhi syarat yakni diatas 3,5 dan juga banyak yang belum memiliki pekerjaan tetap atau berekonomi mapan. Tentu, kami tetap jamin," tegasnya kepada Tribun Bali ditemui di UT Denpasar, Sesetan, Sabtu (8/12/2018).

Ia melanjutkan, klaim UT sebagai PTN dengan sistem kelas jauh dan ekstensi itu tidak benar adanya.

Ia menerangkan, sistem pembelajaran UT bukanlah kelas jauh, namun sistem pendidikan jarak jauh.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved