Bagaimana Kota-kota Itu Bisa Ada dalam Cerita?

"Sebuah kota bisa lahir dan tumbuh dari apapun. Mungkin dari perempatan, pasar, peta perjalanan, oase, dermaga, dan segala hal di luar dugaan,"

Bagaimana Kota-kota Itu Bisa Ada dalam Cerita?
Istimewa
Poster acara Dialog Sastra #63 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - "Sebuah kota bisa lahir dan tumbuh dari apapun. Mungkin dari perempatan, pasar, peta perjalanan, oase, dermaga, dan segala hal di luar dugaan," begitulah Raudal Tanjung Banua membuka ceritanya pada cerpen yang berjudul Kota-kota Kecil yang Terus Hidup di Kepalaku.

Cerpen ini terangkung dalam buku Kota-kota Kecil yang Diangan dan Kujumpai bersama 14 cerpen lainnya.

Lalu bagaimana kota-kota itu bisa ada dalam cerita?

Ikuti Dialog Sastra #63 yang akan digelar di Bentara Budaya Bali, Minggu (9/12/2018) malam.

Dialog sastra ini akan memperbincangkan perihal pertemuan para sastrawan dengan kota-kota yang dikunjungi, disinggahi atau dimukimi, yang terbukti mempengaruhi capaian karyanya.

Karya ini menelisik dengan pengamatan mendalam bagaimana kota-kota di tanah air tumbuh dengan cepat lewat “proyek” pemekaran era otonomi.

Bagaimanakah cerpenis menghadirkan kota yang mengalami percepatan perubahan di dalam karya-karyanya?

Semisal tata-ruang yang amburadul, sejarah yang redup, habisnya sumber daya, bergesernya pusat pertumbuhan ekonomi, binasanya infrastruktur, dilecut bencana, termasuk pula derasnya globalisasi yang melanda melalui rupa-rupa iklan, barang, jasa dan citra sejagad serta program-program swadaya yang lebih mengedepankan finansial ketimbang keringat.

Semua itu membuat kota-kota kecil merasa menjadi bagian dari dunia, tetapi di saat yang sama sebenarnya tersaruk di sudut-sudut penawaran dan ketergantungan.

Tidakkah cerpenis ini tengah mengangkat kota-kota kecil menjadi tidak sekadar latar belakang, tapi latar depan dari cerpen-cerpennya?

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved