Revitalisasi Dermaga Batal Dilaksanakan Tahun 2019 Karena Keterbatasan Anggaran

Revitalisasi sejumlah dermaga di sekitaran Danau Batur yang semula direncanakan 2019 justru batal

Revitalisasi Dermaga Batal Dilaksanakan Tahun 2019 Karena Keterbatasan Anggaran
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Tinggal Pondasi - Sejumlah Anak-anak Desa Terunyan Tengah berenang di sekitaran danau batur. Tempat yang mereka pijak sejatinya merupakan Dermaga Desa Terunyan 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Revitalisasi sejumlah dermaga di sekitaran Danau Batur yang semula direncanakan 2019 justru batal.

Alasannya pun tidak lain karena keterbatasan anggaran.

Dilain sisi, kerusakan dermaga justru sudah terdata kurang lebih 5 hingga 10 tahun lamanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bangli, I Gede Arta tidak memungkiri revitalisasi dermaga yang direncanakan tahun 2019 batal terlaksana.

Ia menegaskan batalnya kegiatan itu lantaran minimnya anggaran yang tersedia, sehingga usulan kegiatan tidak mendapatkan dana.

Disamping itu, batalnya revitalisasi dermaga menurut Gede Arta juga disebabkan status tanah dermaga yang masih tercatat milik pemerintah pusat. 

“Dermaga itu sebenarnya sudah lama dihibahkan, tapi statusnya belum berubah. Sebab itu tahun 2019 mendatang kami fokus mengubah status tanah di Dermaga Kedisan, walaupun sejatinya bisa saja revitalisasi dermaga dilakukan bersamaan dengan perubahan status aset,” ujarnya, Rabu (12/12/2018).

Lanjut pejabat asal Desa Songan ini, secara Detail Engineering Design (DED), revitalisasi dermaga sudah selesai digarap.

Ada tiga dermaga yang diusulkan untuk revitalisasi, diantaranya Dermaga Kedisan, Dermaga Terunyan Desa, dan Dermaga Terunyan Kuburan.

Secara umum, Gede Arta mengatakan kondisi empat dermaga yang berada di sekitaran Danau Batur, mulai dari Kedisan, Terunyan Desa, Terunyan Kuburan, dan Toya Bungkah, tidak bisa difungsikan karena sudah rusak.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved