Calon Transmigran Batal Berangkat, Takut dan Cemas dengan Bencana Alam di Sulawesi

Lima KK calon transmigran yang sedianya berangkat ke Sulawesi Barat bulan September lalu, akhirnya memutuskan batal berangkat

Calon Transmigran Batal Berangkat, Takut dan Cemas dengan Bencana Alam di Sulawesi
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
TRANSMIGRASI - Tjok Panji saat menunjukkan lokasi transmigrasi di UPT Rano, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Lima KK calon transmigran yang sedianya berangkat ke Sulawesi Barat bulan September lalu, akhirnya memutuskan batal berangkat.

Calon transmigran yang seluruhnya berasal dari Banjar Tabunan, Desa Undisan, Tembuku itu mengaku khawatir dengan bencana yang saat itu tengah melanda wilayah sekitar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli, Tjokorda Gede Agung Panji, Kamis (13/12/2018).

Ia menjelaskan semestinya lima KK atau sebanyak 20 orang calon transmigran itu, diberangkatkan pada bulan November dengan tujuan UPT Rano, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Namun demikian, sambungnya, dua minggu jelang keberangkatan seluruh peserta transmigran memutuskan untuk batal, lantaran di wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah kala itu tengah terjadi bencana alam, dan kondisi ini dinilainya berimbas pada mental calon transmigran.

“Mereka takut dan waswas akan kondisi bencana alam di wilayah sekitar. Anggapan mereka, semua orang saat itu meninggalkan Sulawesi, kok kita malah transmigrasi ke sana,” bebernya.

Sejatinya, lanjut Tjok Panji, lima KK peserta transmigran itu sudah melalui tahap seleksi berdasarkan daftar tunggu sebanyak 20 KK.

Dari seleksi yang dilakukan, seluruh peserta transmigran kala itu juga mengaku siap berangkat.

Namun dengan keputusan batal dari peserta transmigran, pihaknya juga tidak bisa memaksakan.

Maka dari itu, pihak dinas meminta seluruh peserta untuk membuat surat pernyataan batal mengikuti program transmigrasi, yang selanjutnya diajukan ke Provinsi dan Kementerian.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved