Peradah Ngejot untuk 20 KK di Hari Raya Galungan, Beragama Bukan Sekadar Menyembah Tuhan

Hari Raya Galungan tinggal menghitung hari yang kemudian akan dilanjutkan dengan Hari Raya Kuningan.

Peradah Ngejot untuk 20 KK di Hari Raya Galungan, Beragama Bukan Sekadar Menyembah Tuhan
Istimewa
Pengurus DPK Peradah Indonesia Bangli saat memberi bantuan kepada warga belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Hari Raya Galungan tinggal menghitung hari yang kemudian akan dilanjutkan dengan Hari Raya Kuningan.

Dewan Pimpinan Kabupaten Perhimpunan Pemuda Hindu (DPK Peradah) Indonesia Bangli membuat program “Peradah Ngejot”. Seperti apakah itu?

DALAM merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan yang jatuh pada Rabu (26/12/18) dan Sabtu (5/1/19), DPK Peradah Bangli memfasilitasi umat sedharma dan masyarakat umum untuk bersama-sama "ngejot" atau memberikan bantuan pada krama Bangli yang membutuhkan.

Aksi sosial ini menyasar 20 kepala keluarga (KK) yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Bangli.

Ketua Panitia "Peradah Ngejot", I Putu Rusmadi, Sabtu (15/12), mengatakan kegiatan tersebut merupakan program bersama antara Dewan Pimpinan Provinsi Peradah Indonesia Bali dengan DPK Peradah se-Bali.

"Idenya berawal dari diskusi bersama DPP Peradah Indonesia Bali, kemudian kami garap secara sederhana, ditujukan kepada krama Bangli, karena lingkup kerja kami di Kabupaten Bangli," kata Rusmadi.

Dalam program ini, Peradah hanya bertindak sebagai fasilitator, sementara pelaku sesungguhnya adalah para donatur yang datang dari berbagai kalangan.

"Kami melakukan penggalangan donasi melalui media sosial sejak seminggu lalu, dan antusiasme masyarakat sangat besar. Donasi terus mengalir dari tokoh-tokoh dan masyarakat umum, bahkan yang berasal dari luar Bali, hingga Jumat (14/12/2018) malam terus mengalir. Ini membuktikan kepekaan sosial umat memang sangat bagus," terang pemuda kelahiran 1994 ini.

Panitia berhasil mengumpulkan donasi Rp 9.750.000. Selain itu, panitia juga telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Bangli, yang juga disambut dengan sangat baik.

Rencananya, donasi akan didistribusikan berdekatan pada Hari Galungan bersama-sama beberapa OPD di lingkungan Pemkab Bangli.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved