Berita Banyuwangi

Sambut Harjaba, PNS Sebulan Penuh Pakai Batik Banyuwangi

Menyambut Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba), seluruh karyawan di lingkungan Pemkab Banyuwangi diwajibkan mengenakan batik selama sebulan penuh

Sambut Harjaba, PNS Sebulan Penuh Pakai Batik Banyuwangi
Surya/Haorrahman
Pegawai Pemkab Banyuwangi pakai baju batik khas Banyuwangi dalam rangka menyambut Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba). 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Menyambut Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba), 18 Desember 2018, seluruh karyawan di lingkungan Pemkab Banyuwangi diwajibkan mengenakan batik selama sebulan penuh.

"Khusus di bulan Desember ini, para pegawai memakai baju batik," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Senin (17/12/2018).

Perubahan seragam selama Desember tersebut diatur dari Senin hingga Jumat, sedangkan Selasa tetap mengenakan baju adat khas masyarakat Suku Osing yang serba hitam.

Perubahan seragam selama Desember ini, tak sekadar untuk memperingati ulang tahun Banyuwangi.

Tapi, juga untuk menggeliatkan bisnis perajin batik di Banyuwangi.

"Jika para pegawai membuat baju batik baru, maka akan semakin menggeliatkan UMKM batik di Banyuwangi. Kita juga menganjurkan agar mereka lebih banyak mengenakan motif batik Banyuwangi yang kini sangat beragam," kata Anas.

Di Banyuwangi kini ada 42 motif batik, yang 24 di antaranya merupakan tema klasik Banyuwangi.

“Ini sebagai salah satu cara kami untuk mengenalkan lebih luas beragam motif batik Banyuwangi. Silakan para pegawai di sela-sela istirahat bekerja bisa selfie dulu dengan batik khas Banyuwangi, lalu upload di media sosial. Sebutkan beli di perajin batik mana, sekaligus mempromosikan UMKM batik Banyuwangi,” tambah Anas. (haorrahman)

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved