Liputan Khusus

Pilih Bali dan Menyaru Sebagai Turis, Polda Bali Ungkap 10 Kasus WNA Pelaku Kriminal

Polda Bali pekan lalu berhasil menggagalkan pelarian tiga pelaku penipuan yang dilakukan oleh WNA dari tiga negara yang berbeda.

Pilih Bali dan Menyaru Sebagai Turis, Polda Bali Ungkap 10 Kasus WNA Pelaku Kriminal
Tribun Bali/Busrah Ardans
WNA pelaku skimming atm yang berhasil diamankan polis, Plamen Nikolovpandov (tengah), Hristov Stanchev (kiri), Steve (kanan), Jumat (3/8/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Polda Bali pekan lalu berhasil menggagalkan pelarian  tiga pelaku penipuan yang dilakukan oleh WNA dari tiga negara yang berbeda.

Mereka melakukan penipuan di negaranya masing-masing, kemudian memilih kabur ke Bali dengan harapan identitas mereka tidak dikenali.

Namun, karena identitas mereka sudah terekam oleh Interpol, akhirnya mereka berhasil ditangkap di Bali.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadireskrimum) Polda Bali, AKBP Sugeng Sudarso mengungkapkan, tidak sedikit  pelaku kejahatan di luar negeri yang menjadikan Bali sebagai tempat pelarian mereka.

Baca: Turis Asing Kriminal Tambah Banyak di Bali, Tantangan bagi Pariwisata Berkualitas

Namun, atas informasi dari Interpol Indonesia, selama ini Polda Bali mampu mengamankan dan mengembalikan pelaku tersebut ke negara asalnya.

“Lumayan jumlahnya. Pelarian pelaku (kriminal) di luar negeri itu sengaja datang ke negara-negara yang menjadi tujuan wisata dengan harapan tidak termonitor. Mereka berpura-pura berwisata ke Bali,” kata Sugeng.

Dari data Ditreskrimsus Polda Bali, tercatat pada 2017 ada 12 pelaku penipuan di negara lain yang berhasil diamankan di Bali.

Dari jumlah tersebut, empat di antaranya diekstradisi dan delapan dideportasi.

Baca: Kontraktor Calon Tersangka Rumah Longsor di Gianyar, Polisi Ungkap Bangunan Tak Miliki IMB

Sedangkan pada 2018 hingga awal Desember, jumlah pelaku penipuan di luar negeri yang ditangkap di Bali sebanyak sepuluh kasus.

Dari jumlah itu, satu di antaranya sudah diekstradisi, dan sisanya masih dalam proses pemeriksaan.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved