Gelapkan Dana Hibah Kelompok Ternak Sari Amerta, Gareng Tilep Rp 127 Juta Lebih

Setelah melakukan pemeriksaan beberapa bulan di Polres Badung, I Made Suweta (39) alias Gareng ditetapkan sebagai tersangka

Gelapkan Dana Hibah Kelompok Ternak Sari Amerta, Gareng Tilep Rp 127 Juta Lebih
Tribun Bali/Agus Aryanta
Tersangka I Made Suweta (39) saat dikeluarkan dari ruang tahan Polres Badung untuk pemeriksaan, Kamis (20/12/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Setelah melakukan pemeriksaan beberapa bulan di Polres Badung, I Made Suweta (39) alias Gareng ditetapkan sebagai tersangka oleh Kanit Lidik II Reskrim Polres Badung.

Pasalnya pria asal Banjar Bedauh, Desa Carangsari, Petang Badung ini menggelapkan dana hibah kelompok ternak sapi Sari Amerta pada Maret 2018.

Selain menetapkan sebagai tersangka, kasus tindak pidana korupsi ini juga sudah dilimpahkan ke Kejari Badung, Kamis (20/12).

Gareng diamankan lantaran terdapat pengaduan warga sekitar yang mengatakan, pengajuan dana hibah kelompok ternak Pemkab Badung sudah cair, namun pembelian barangnya tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) yang telah diajukan.

Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta SIK  mengatakan, hal ini dilakukan dengan cara membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya, yaitu menaikkan harga bibit sapi dan material pembuatan kandang dari harga yang sebenarnya.

“Dari RAB tersangka mengajukan hibah ternak sapi seharga Rp 9 juta per ekor. Namun kenyataannya tersangka membeli sapi dengan harga Rp 8 juta per ekor. Atau mencari untung Rp 1 juta per ekor,” kata Kapolres.

Selain mencari untung, Yudith menjelaskan, jumlah sapi yang diusulkan sebanyak 20 ekor, namun tersangka hanya membeli 10 ekor sapi.

Sehingga Laporan pertanggungjawabannya tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Yudith menjelaskan, dana yang berhasil digelapkan Rp 127.350.000.

Bahkan Gareng yang juga menjadi ketua kelompok ternak Sari Amerta di Desa Carangsari Kecamatan Petang ini pun menggunakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved