Dinas Pertanian Dorong Petani Pakai Pupuk Organik

Untuk menjaga ekosistem tanah dan habitat alam, pemerintah terus mendorong masyarakat khususnya para petani untuk menggunakan pupuk organik

Dinas Pertanian Dorong Petani Pakai Pupuk Organik
Tribun Bali/Ahmad Firizqi Irwan
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, Nyoman Budana saat ditunjukkan padi organik di Banjar Belulang pada Sabtu (22/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Untuk menjaga ekosistem tanah dan habitat alam, pemerintah terus mendorong masyarakat khususnya para petani untuk menggunakan pupuk organik.

Hal itu diungkapkan Nyoman Budana selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan saat menghadiri Festival Pertanian Arsa Bhuwana di Banjar Belulang, Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali pada Sabtu (22/12/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Nyoman Budana mengapresiasi para petani Belulang yang telah menggunakan pupuk organik.

"Ditengah kemajuan teknologi pertanian saat ini, berbagai tantangan dihadapi para petani dalam bercocok tanam khususnya padi, termasuk juga penggunaan pupuk," ujarnya.

Nyoman Budana mengatakan, penggunaan pupuk organik dirasa tepat dengan harapan kontur tanah dan habitat bisa kembali alami seperti dulu.

Selama ini, para petani masih terus menggunakan pupuk yang mengakibatkan ekosistem sawah seperti belalang, belut dan ular sawah mengalami kepunahan.

"Bahan kimia yang terkandung dalam pupuk anorganik secara perlahan-lahan akan memutus mata rantai ekosistem di sawah," jelasnya.

Nyoman Budana menambahkan, penggunaan pupuk organik ini dapat mengembalikan zat-zat kandungan tanah menjadi lebih subur karena ada proses alami untuk membangkitkan kandungan di dalam tanah.

"Jadi mikroba pengurai kesuburan dalam tanah, itupun akan bisa hidup, sebab ada rangsangan pupuk organik yang menyebabkan tanah itu kembali subur," sambungnya.

Halaman
123
Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved