100 Mahasiswa Dilibatkan Cek Kesehatan Daging Babi, Ada 2.000 Babi yang dipotong di RPH Badung 

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, memeriksa kesehatan daging babi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) jelang Hari Raya Galungan

100 Mahasiswa Dilibatkan Cek Kesehatan Daging Babi, Ada 2.000 Babi yang dipotong di RPH Badung 
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
(Foto tidak terkait berita) Sekehe Truna warga Banjar Kehen, Kesiman, Denpasar, Bali, Senin(28/5/2018), memotong babi persiapan Hari Raya Galungan. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Senin (24/12/2018), memeriksa kesehatan daging babi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) jelang Hari Raya Galungan

Ada 100 mahasiswa yang dilibatkan untuk mengecek kesehatan daging usai dipotong.

Tim yang terdiri dari petugas teknis kabupaten, dokter hewan mandiri di Kabupaten Badung, serta dibantu 100 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Udayana ini melakukan pemeriksaan guna memastikan daging babi layak dikonsumsi.

Pasalnya menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, permintaan terhadap daging meningkat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Putu Oka Swadiana mengatakan, semua daging yang dipotong di RPH Badung akan dicek langsung oleh tim.

 “Iya hari ini (kemarin) tim melakukan pemeriksaan. Jadi Setiap desa kami isi dokter hewan mandiri yang akan memeriksa. Kami juga bekerja sama dengan masyarakat setempat,” jelasnya.

Pembekalan untuk mahasiswa diadakan tanggal 21 Desember 2018.

Mengenai teknis pemeriksaan daging babi di sejumlah RPH di Badung, terang Swadiana, tidak jauh berbeda dengan pemeriksaan daging kambing dan sapi saat Hari Raya Idul Adha.

Untuk pemeriksaan daging babi akan dilakukan dalam dua tahap.

“Pertama, pemeriksaan antemortem (sebelum dipotong) dan postmortem (sesudah dipotong). Tujuan pemeriksaan  untuk memastikan daging babi layak dikonsumsi,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved