Ada Poli Pelayanan Kesehatan Khusus Perempuan di Pemkab Gianyar

Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan ASN, Pemkab Gianyar mendirikan Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan Aman

Ada Poli Pelayanan Kesehatan Khusus Perempuan di Pemkab Gianyar
manado.tribunnews.com
Ilustrasi. Pemkab Gianyar mendirikan Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan Aman. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan ASN, khususnya deteksi dini kanker serviks dan payudara, Pemkab Gianyar mendirikan Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan Aman.

Poli pelayanan yang terletak di pojok barat Kantor Bupati Gianyar itu, diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam upaya penanggulangan kanker serviks dan payudara di Kabupaten Gianyar.

“Pemkab Gianyar memang memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan kesehatan, utamanya agar terhindar dari penyakit kanker serviks dan payudara,” kata Bupati Mahayastra, saat memberikan sambutan, Jumat kemarin.

Guna memaksimalkan keberadaan poli ini, Bupati Mahayastra memerintahkan pimpinan dinas yang hadir agar mengimbau seluruh aparatur sipil negara, khususnya perempuan untuk memeriksakan kesehatan secara dini dan berkelanjutan di Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan Aman, sehingga penyebaran penyakit kanker serviks dan payudara tidak meluas.

Gedung Poli Pelayanan ini juga dilengkapi ruang konsultasi ibu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Cahyani Widyawati, ruang konsultasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemauan para ibu-ibu untuk berperilaku hidup sehat dan bersih.

“Penyebab kanker berawal dari perilaku hidup tidak bersih dan malu untuk melakukan deteksi dini, sehingga diperlukan ruang memberikan pemahamam dan kesadaran pentingnya hidup bersih dan sehat,” terang Ida Ayu Cahyani.

Sebelumnya Pemkab Gianyar juga telah melakukan upaya pencegahan kanker serviks dan payudara dengan pemberian vaksin HPV bagi anak sekolah tingkat SMP sejak tahun 2015, pengadaan alat Criyo Surgery, mengampanyekan dan melaksanakan IVA Test, Sadanis serta penyuluhan.

“Hasilnya sudah mulai terlihat dimana terjadi penurunan kasus dari beberapa sampel yang kami ambil pada 7 kecamatan pada November 2018,” papar Ida Ayu Cahyani.

Terkait pelayanan, menurut Ida Ayu Cahyani, Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan Aman akan buka setiap hari Selasa dan Kamis.

Untuk itu diharapkan para pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar datang memeriksakan diri.

Untuk masyarakat umum, Pemkab Gianyar juga telah menyediakan pelayanan di Puskesmas Pembantu dan rumah sakit. (*)

Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved