Dukung Kelancaran Operasional Selama Nataru, Angkasa Pura Airports Maksimalkan AOCC di 11 Bandara

Angkasa Pura Airports telah siap melayani lonjakan penumpang dan pesawat udara di 13 bandara selama musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Dukung Kelancaran Operasional Selama Nataru, Angkasa Pura Airports Maksimalkan AOCC di 11 Bandara
AP I Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai
AOCC yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Angkasa Pura Airports telah siap melayani lonjakan penumpang dan pesawat udara di 13 bandara yang dikelolanya selama musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Kesiapan tersebut meliputi peningkatan aspek fasilitas, pelayanan, dan keamanan.

Angkasa Pura Airports juga menyiapkan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru 2019) di seluruh bandara yang dikelolanya, yang beroperasi selama 18 hari terhitung sejak 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

"Untuk mendukung Nataru 2019'>Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru 2019, Angkasa Pura Airports mempersiapkan sekitar 3.700 petugas dari unsur Angkasa Pura Airports. Dari eksternal, turut terlibat personel dari Kantor Otoritas Bandara, TNI, Polri, Perum LPPNPI, Basarnas, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan, maskapai, dan ground handling,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, melalui siaran resmi yang diterima Tribun Bali, Selasa (25/12/2018).

Faik menambahkan, pihaknya juga menyiapkan jaringan CCTV yang terkoneksi dengan Center of Command di Kantor Pusat Angkasa Pura I di Jakarta.

Selain itu, disiapkan pula contact person dari masing-masing bandara yang dapat dihubungi selama operasional posko terpadu tersebut berlangsung.

Untuk mendukung kelancaran operasional bandara, pada periode Nataru 2019 Angkasa Pura Airports akan memaksimalkan keberadaan Airport Operation Control Center (AOCC) yang telah beroperasi di 11 bandara.

Bandara-bandara tersebut yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Lombok, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Pattimura Ambon.

“Keberadaan AOCC ini diharapkan akan memperlancar dan meningkatkan kinerja operasional, service level agreement, dan key performance index bandara selama periode Nataru 2019  sebagai wujud komitmen Angkasa Pura I untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi pengguna jasa bandara,” ungkap Faik Fahmi.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved