Ramp Check Angkutan Udara untuk Nataru, 529 Pesawat Dinyatakan Laik Terbang

Untuk menyiapkan angkutan udara Nataru yang selamat, aman dan nyaman, Dirjen Perhubungan melakukan intensifikasi pemeriksaan di lapangan

Ramp Check Angkutan Udara untuk Nataru, 529 Pesawat Dinyatakan Laik Terbang
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Saat Otoritas Bandara Wilayah IV melakukan ramp check di Bandara I Gusti Ngurah Rai beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Salah satu upaya untuk menyiapkan angkutan udara Natal dan Tahun Baru yang selamat, aman dan nyaman adalah dengan intensifikasi pemeriksaan di lapangan atau ramp check.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menyebut bahwa semua pesawat udara yang melayani angkutan udara Nataru 2018/2019 akan dilakukan ramp check

Sampai dengan tanggal 25 Desember 2018, ramp check telah dilakukan di 36 Bandara yang diprediksi mengalami kenaikan penumpang.

Ramp check dilakukan oleh para Inspektur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, dan Inspektur dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah 1 sampai dengan 10.

 “Sampai dengan 25 Desember telah dilakukan sebanyak 1.141 kali inspeksi terhadap 529 registrasi pesawat dan hasilnya baik serta laik terbang,” ujar Polana, Kamis (27/12/2018) di Jakarta melalui rilis resmi yang diterima Tribun Bali.

Polana menjelaskan bahwa untuk pelayanan angkutan udara Nataru didukung oleh 13 Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU).

Ia menambahkan, total registrasi pesawat saat ini berjumlah 571 pesawat dan dioptimalkan untuk melayani angkutan udara Nataru.

“Dengan telah diperiksanya 529 pesawat maka persentasenya telah mencapai 93 persen. Selebihnya, sebanyak 6 persen sedang maintenance di hanggar dan 1 persen sedang dalam proses penghapusan registrasi,” ungkap Polana terkait dengan capaian jumlah pesawat yang telah di ramp check.

Dari pesawat yang telah di ramp check, yang terbanyak adalah jenis Boeing 737 800 NG yaitu sebanyak 339 kali pemeriksaan terhadap 139 registrasi pesawat.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved