Tips ASI Melimpah pada Ibu Bekerja

Pemenuhan ASI bagi bayi dengan ibu yang bekerja dapat dilakukan secara optimal. Berikut kiat-kiat yang bisa dilakukan

Tips ASI Melimpah pada Ibu Bekerja
istimewa
Ilustrasi Ibu Menyusui 

TRIBUN-BALI.COM - Air Susu Ibu (ASI) merupakan minuman sekaligus makanan yang terbaik untuk dikonsumsi oleh bayi umur 0-6 bulan.

Pada ASI terkandung beraneka ragam nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk tumbuh dan berkembang.

Lemak, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, enzim, dan hormon yang terdapat dalam ASI tidak dapat digantikan oleh susu buatan industri.

Pada ASI juga terkandung antibodi dari ibu yang dapat melindungi bayi dari berbagai infeksi dan penyakit kronis, serta mengurangi kemungkinan menderita gangguan kesehatan di kemudian hari seperti obesitas, diabetes, dan asma.

Kebutuhan ASI pada bayi baru lahir sampai umur dua minggu dapat dipenuhi dengan cara menyusui bayi setiap dua jam, setelah itu biarkan bayi menyusu sesering dan semau bayi.

Hisapan bayi dan seringnya payudara dikosongkan adalah dua hal yang sangat memengaruhi dalam produksi ASI.

Gerakan hisapan akan merangsang ujung saraf sensoris di sekitar payudara sehingga merangsang kelenjar hipofisis bagian depan/salah satu kelenjar di otak untuk menghasilkan hormon prolactin.

Hormon prolactin akan masuk ke peredaran darah kemudian ke payudara menyebabkan sel sekretori di alveolus (pabrik ASI) menghasilkan ASI.

Dengan semakin sering ASI keluar melalui hisapan bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak.

Menyusui bayi sesering dan selama yang bayi inginkan akan sangat mudah dilakukan oleh ibu yang memiliki waktu penuh bersama bayi di rumah, namun hal itu tidak bisa dilakukan oleh ibu yang bekerja di luar rumah dan tidak bisa membawa bayi di tempat kerja.

Halaman
1234
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved