Rencana Pembangunan SMP Negeri di Area Pasar Latu Abiansemal, Pedagang Keberatan Direlokasi

Bendesa Adat Gerih, Wayan Rencana mengungkapkan sebagian besar pedagang keberatan dipindah jika pembangunan sekolah negeri tingkat SMP dilaksanakan

Rencana Pembangunan SMP Negeri di Area Pasar Latu Abiansemal, Pedagang Keberatan Direlokasi
Tribun Bali/Agus Aryanta
Kondisi terkini pasar Pasar Kertha Sari alias Pasar Latu di Desa Gerih, Kecamatan Abiansemal, Jumat (28/12/2018) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bendesa Adat Gerih, Wayan Rencana mengakui  hingga kini belum ada kepastian soal relokasi pedagang Pasar Kertha Sari alias Pasar Latu di Desa Gerih, Abiansemal. Menurutnya, versi dia sebagian besar pedagang keberatan dipindah.

Wayan Rencana mempertanyakan nasib para pedagang yang sebagian adalah warga adat. Pasar ini direncanakan bakal direlokasi dan dibangun sekolah negeri tingkat SMP.

"Kapan ada konfirmasi? Belum ada," tegasnya, Jumat (28/12/2018).

Pihaknya mengakui beberapa perwakilan pedagang memang sempat bertemu Wakil Bupati Badung terkait wacana perombakan pasar menjadi sekolah tersebut, namun hingga saat ini  belum ada keputusan.

“Pada saat pembicaraan dengan Bapak Wakil Bupati, di ruangan rapat wakil bupati, beliau cuma menanyakan apakah ada tanah milik desa untuk dibangun pasar. Beliau hanya menanyakan, bukan diminta mencarikan,” jelasnya.

Menurutnya, Wakil Bupati Ketut Suiasa baru sebatas menanyakan lahan yang bisa dibangun. Bahkan terkait sosialisasi, pihaknya mengatakan hingga kini belum juga ada sosialisasi kepada pedagang.

Kata dia, rata-rata pedagang keberatan karena mereka dahulunya berdagang di Pasar Mambal.

Namun para pedagang ini diminta pindah karena ada wacana penutupan Pasar Mambal. Mengenai iuran per bulan atau per hari terhadap pedagang, pihaknya tidak tahu sama sekali ada atau tidaknya.

Namun pihaknya mengaku di desa adat selama ini tidak pernah mendapat sumbangan apapun.

"Mohon maaf, desa kami hanya menerima sampahnya saja. Tidak pernah sepeserpun masuk ke kas desa. Punia pun tidak ada," tegasnya.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved