Bali Paradise

Mau Lihat Pis Bolong Kresna hingga Rejuna? Datang Saja ke Sini

Jika anda penasaran dengan bentuk Pis Bolong Kresna hingga Rejuna, datang saja ke Museum Bali yang berada di sebelah timur Lapangan Puputan Badung

Mau Lihat Pis Bolong Kresna hingga Rejuna? Datang Saja ke Sini
Tribun Bali/I Putu Supartika
Pengunjung di Museum Bali, Rabu (2/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Masyarakat Bali mengenal berbagai jenis pis bolong atau uang kepeng dengan berbagai khasiatnya.

Misal saja Pis Bolong Kresna yang dipercaya bisa menuntun penggunanya untuk menjalankan hal-hal yang bersifat kebenaran dan menegakkan kebenaran.

Selain itu, ada pula Pis Bolong Arjuna atau Rejuna yang dipercaya bisa digunakan untuk menggaet gadis idaman.

Jika anda penasaran dengan bentuk pis bolong tersebut, datang saja ke Museum Bali yang berada di sebelah timur Lapangan Puputan Badung, Denpasar.

Baca: Volume Sampah Usai Perayaan Malam Tahun Baru di Badung Naik 30 Persen

Baca: Gara-gara Habiskan Makanan, 3 Bocah Perempuan Disiram Air Panas Ayahnya

Baca: Daftar Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2019 di Indonesia Dari Sumatera, Bali Sampai Papua

"Di sini ada banyak koleksi uang kepeng yang disimpan di Gedung Buleleng. Ada uang kepeng Tualen, Arjuna, Kresna, Melem, hingga uang kepeng jaring. Itu warisan nenek moyang kita," kata Kepala UPTD Museum Bali, Ni Nyoman Sueti, Rabu (2/1/2019) siang.

Juga ada uang emas, uang perak, dan perunggu, juga uang kepeng dinasti China, Jepang, dan Korea hingga uang kepeng zaman Majapahit.

Berbagai benda zaman prasejarah yaitu masa berburu tingkat sederhana hingga zaman Bali baru yang dimulai sejak tahun 1846 hingga sekarang.

Hingga tahun 2017 koleksi di Museum Bali sebanyak 14.542, yang terdiri atas 308 penemuan, 6.665 sumbangan atau hibah, dan 7.569 pembelian.

"Di sini juga tersimpan 4.000 pretima hasil sitaan Polda Bali. Itu merupakan pretima curian, ada patung dewa-dewa yang masih hidup dan belum dipralina. Pencurinya ditahan, pretimanya disimpan di sini," imbuhnya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved