Serba Serbi

Rabu Wuku Kuningan Muncul 5 Kala Ini, Berikut Ala Ayuning Dewasanya

Wuku Kuningan seperti yang tertulis dalam kalender Bali terdapat Kala Jengking, Kala Tumapel, Kala Sor, Kala Asuajag, Kala Pegatan

Rabu Wuku Kuningan Muncul 5 Kala Ini, Berikut Ala Ayuning Dewasanya
Tribun Bali/I Putu Darmendra
Seorang perajin kayu sedang memahat kayu untuk dijadikan karya seni jenis topeng di kawasan Gianyar, Senin (19/10/2015). Pada hari ini, Budha Wuku Kuningan terdapat Kala Tumapel yang dikatakan sebagai hari paling baik untuk membuat segala jenis topeng dan memasang sarang lebah madu. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam susunan kalender Bali dikenal istilah ala ayuning dewasa yang berarti baik-buruknya suatu hari dalam melakukan aktivitas atau kegiatan tertentu.

Dewasa atau padewasan yang biasa disebut ilmu wariga ini, seperti yang dijelaskan dalam buku Ala Ayuning Dewasa Ketut Bangbang Gede Rawi yang ditulis oleh Ida Bagus Putra Manik Ariana dan Ida Bagus Budayoga, adalah cara untuk mengidentifikasi hari baik dan hari jelek (buruk).

"Jelasnya (padewasan itu adalah) pengetahuan untuk menentukan hari baik dan hari jelek," tulisnya.

Pada Rabu (Budha), 2 Januari 2019 Wuku Kuningan seperti yang tertulis dalam kalender yang disusun oleh Alm. I Ketut Bangbang Gede Rawi dan putra-putranya bahwa terdapat Kala Jengking, Kala Tumapel, Kala Sor, Kala Asuajag, Kala Pegatan

Dalam buku Ala Ayuning Dewasa Ketut Bambang Gede Rawi yang ditulis oleh Ida Bagus Putra Manik Ariana dan Ida Bagus Budayoga menjelaskan beberapa kehadiran kala tersebut.

1. Kala Jengking

Kehadiran Kala Jengking sebagai ketentuan dewasa ayu untuk berlatih menari, menabuh, sambungan ayam, namun tidak baik untuk mengadakan rapat pertemuan, kawin dan potong rambut.

Kala Jengking ini jatuh pada Redite Wuku Ukir, Bala dan Watugunung; Soma Wuku Ugu, Dungulan dan Merakih; Anggara Wuku Tambir; Budha Wuku Gunbreg dan Kuningan; Wrespasti Wuku Dukut; Sukra Wuku Uye; Saniscara Wuku Julungwangi dan Pujut.

2. Kala Tumapel

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved