Ramai Dikunjungi Saat Libur Tahun Baru, Wisatawan Keluhkan Fasilitas Pantai Goa Lawah

Meski ramai dikunjungi, wisatawan mengeluhkan minimnya fasilitas di Pantai Goa Lawah seperti ketersediaan tong sampah dan toilet

Ramai Dikunjungi Saat Libur Tahun Baru, Wisatawan Keluhkan Fasilitas Pantai Goa Lawah
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Objek wisata Pantai Goa Lawah ramai dikunjungi wisatawan saat libur Tahun Baru, Selasa (1/1/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Ketut Sumiasa bersantai di balai bengong objek wisata Pantai Goa Lawah, Selasa (1/1/2018).

"Sebenarnya dari dulu pingin menepi dan mengajak keluarga ke sini. Mumpung sekarang libur tahun baru, jadi sempatkan mampir ke sini," ujar Made Sutama.

Objek wisata yang dibuka tahun 2018 lalu itu sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasinya yang strategis berada di ruas jalan utama Klungkung-Karangasem, membuat objek wisata ini mudah untuk dikunjungi, walaupun hanya untuk sekadar beristirahat sembari menikmati keindahan pantai Goa Lawah.

"Penataan rest area-nya bagus. Ada ikon wisatanya untuk berfoto. Tempatnya juga cukup bersih," ujarnya sembari menikmati es kelapa muda.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan birunya Pantai Goa Lawah. Namun ada beberapa hal yang menurutnya masih harus diperhatikan misalkan ketersediaan tong sampah dan toilet.

"Toilet belum ada, jadi agak susah kalau pingin buang air. Tempat sampah juga hanya ada dua, padahal wisatawan ramai," terangnya.

Petugas di objek wisata Pantai Goa Lawah, Nengah Sudarana menjelaskan lonjakan kunjungan di objek wisata Pantai Goa Lawah terjadi sejak Selasa pagi (1/1/2018). Jumlah pengunjung pun sudah lebih dari 100 orang.

"Selain libur tahun baru ini, membludaknya pengunjung juga terjadi saat Umanis Galungan, Kamis (27/12/2018) lalu. Bahkan saat itu rest area penuh dengan kendaraan dan pengunjung," ujarnya.

Ia mengakui sampai saat ini pengunjung masih mengeluhkan belum tersedianya toilet. Selain itu, rest area juga masih perlu pohon perindang demi kenyaman wisatawan.

"Biasanya saya arahkan ke toilet dekat parkir Pura Goa Lawah. Tapi memang harus menyeberang jalan dan berjalan agak jauh,” ungkapnya.

Menurutnya saat ramai seperti saat ini jumlah kendaraan yang parkir saja bisa lebih dari 100 mobil dan 50 sepeda motor dalam sehari.

Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, I Nengah Sukasta menjelaskan keberadaan toilet di rest area Pantai Goa Lawah sebenarnya telah direncanakan.

Adapun berdasarkan perencanaan sebelumnya, akan ada empat unit toilet yang dibangun di kawasan itu dengan total anggaran sebesar Rp 200 juta.

Hanya saja karena keterbatasan anggaran, rencana itu pun terpaksa diurungkan dan akan dilanjutkan di tahun 2019. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved