Pelanggar Aturan Plastik Terancam Denda Rp 5 Juta, Pemkab Badung Keluarkan Perbup

Upaya memerangi sampah plastik di Kaupaten Badung diseriusi oleh Pemerintah Kabupaten

Pelanggar Aturan Plastik Terancam Denda Rp 5 Juta, Pemkab Badung Keluarkan Perbup
Tribun Bali/Hisyam Mudin
(Ilustrasi) Pantai Kedongan sore ini tampak dibanjiri sampah plastik, Minggu (24/12/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Upaya memerangi sampah plastik di Kabupaten Badung diseriusi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung.

Peraturan Bupati (Perbup) Badung No. 48 Tahun 2018 dan Perbup No. 47 tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse dan Recycle Melalui Bank Sampah dan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik sudah diterbitkan.

Bahkan bagi yang melanggar perbup tersebut akan dikenakan denda sebesar Rp 5 Juta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, Putu Eka Merthawan mengatakan dalam menindaklanjuti perbup tersebut, pihaknya mengaku akan bersinergi dengan Satpol PP setempat dan pihak kepolisian. 

“Untuk yang melanggar akan disidang tindak pidana ringan (tipiring) dengan tuntutan penjara 5 bulan atau denda Rp 5 juta. Apabila ditemukan yang bandel, akan kami laporkan kepolisian,” ujar Merthawan saat dikonfirmasi Sabtu (5/1/2019).

Birokrat asal Sempidi itu mengatakan, berlakunya kedua perbup tersebut tidak sebatas pengaturan yang harus ditaati masyarakat.

Namun, harus benar-benar mengubah pola pikir masyarakat tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

"Yang paling penting, bagaimana pengawasannya agar masyarakat menghormati peraturan tersebut. Ini menjadi tugas berat bagi kami. Kami perkirakan butuh waktu 3 tahun untuk mengubah pola pikir masyarakat,"ujarnya.

Disinggung bahwa perbup yang diterbitkan pemerintah pada 28 November 2018 itu belum bergaung di masyarakat, Eka Merthawan tak menampiknya.

Ia beralasan, peraturan tersebut akan diberlakukan pada tiga bulan ke depan.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved