Pansus Perda RTRW Bali Ingatkan Klungkung Atur Tata Ruang Agar Tak Seperti Kuta

Pemkab Klungkung menerima kunjungan kerja Tim Pansus DPRD Provinsi Bali terkait revisi Perda Nomor 16 Tahun 2009 tentang RTRW

Pansus Perda RTRW Bali Ingatkan Klungkung Atur Tata Ruang Agar Tak Seperti Kuta
Istimewa
Tim Pansus DPRD Provinsi Bali dan Pemkab Klungkung membahas revisi Perda nomor 16 Tahun 2009 tentang RTRW di Ruang Rapat Praja Mandala, Senin (7/1/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung menerima kunjungan kerja Tim Pansus DPRD Provinsi Bali terkait revisi Perda Nomor 16 Tahun 2009 tentang RTRW, Senin (7/1/2019).

Tim yang dipimpin oleh Ketua Pansus Perda RTRW Bali, Ketut Kariyasa Adnyana diterima langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Kariyasa mengatakan, ketimpangan pembangunan di Bali sangat kentara antara wilayah Bali Selatan dengan Bali Utara, Timur, dan Barat.

Dengan dasar penyempurnakan Perda RTRW diharapkan akan mengurangi ketimpangan tersebut karena potensi potensi yang  dimiliki daerah lain seperti Klungkung sangat luar biasa seperti kepulauan Nusa Penida.

Namun fasilitas dan tata ruang harus diatur sehingga tidak terjadi seperti di Kuta.

Hal tersebut diakibatkan pergerakan investor lebih cepat dibanding tata tuang dan zonasi.

Dengan penyempurnaan Perda ini Klungkung diharapkan bisa ditata dan mewujudkan pembangunan secara berkesinambungan.

Klungkung ke depannya akan dijadikan sebagai pusat pelayanan Bali Timur. Hal ini berdasarkan sejarah masa lalu di mana Klungkung adalah pusatnya pemerintahan pada zaman kerajaan.

Untuk usulan Pemkab Klungkung, Ketua Pansus Perda RTRW Bali Ketut Kariyasa Adnyana mengaku akan akan mengakomodir semaksimal mungkin. Asalkan tidak bertentangan dengan regulasi di atasnya.

"Prinsipnya Klungkung akan dibuka kawasan strategis pariwisata mengingat daerah ini potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Saya juga mengakui berbagai program gebrakan di bawah kepemimpinan Bupati Suwirta sehingga Klungkung bisa seperti maju dan berkembang seperti sekarang ,” ujar Kariyasa.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved