Proyek Sungai Buatan di Puspem Badung Molor Rampung, Dewan Keluhkan Airnya Sering Meluap

Proyek sungai buatan di kawasan Pusat Pemerintahan (Puspem ) Badung molor dari jadwal penyelesaian pada Desember 2018

Proyek Sungai Buatan di Puspem Badung Molor Rampung, Dewan Keluhkan Airnya Sering Meluap
Tribun Bali/Agus Aryanta
Kondisi Ring River di areal Puspem Badung yang banjir pada Minggu (6/1/2019). Saat ini renanan masih melakukan perbaikan ring river di areal Puspem Badung, Senin (7/1/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Proyek sungai buatan di kawasan Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung molor dari jadwal penyelesaian pada Desember 2018.

Proyek senilai Rp 5,4 miliar ini juga dikeluhkan lantaran saat hujan turun, air di sungai ini meluap merendam jalan Puspem.

Informasi di Pemkab Badung, proyek tersebut dikabarkan diberikan perpanjangan waktu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sampai tanggal 15 Januari untuk menyelesaikannya.

Bahkan, sebelum proyek tersebut rampung, air sungai sudah duluan meluap saat di guyur hujan. Sehingga, setiap hujan lebat ruas jalan menjadi terendam.

Selain itu, jalan menuju kantor DPRD Badung juga tergenang air akibat proyek ring river tersebut.

Ketua DPRD Badung Putu Parwata meminta instansi terkait yakni PUPR mengkaji ulang pelaksanaan proyek sungai yang dirancang melingkar tersebut. Pasalnya setiap hujan, jalan menuju gedung dewan kebanjiran.

“Kami memberikan apresiasi pembangunan sungai buatan itu, tapi kajian dan pelaksanaanya harus baik. Kami tidak ingin pembangunan sungai itu memunculkan masalah baru, seperti banjir,” ujarnya, Senin (7/1/2019).

Karena sudah beberapa kali terjadi banjir, politisi asal Dalung ini meminta Dinas PUPR melakukan pembenahan.

Sebab kata dia, air sungai yang mengalir ke Subak Kwanji tersebut terkadang tidak stabil apalagi saat musim hujan.

“Dulu itu kan saluran irigasi Subak Kwanji yang debit airnya bisa naik bisa turun. Kita harapkan proyek alur sungai ini (ring river) tidak menjadi bencana karena kajian yang salah. Harus segera ada pembenahan,” kata Parwata.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved