Di Klungkung, Masa Pembinaan Pengurangan Kantong Plastik Dilakukan Selama 6 Bulan

Dinas Koperasi UKM Klungkung dorong penguranngan penggunaan kantong pastik sekali pakai, dengan menggunakan tas yang lebih ramah lingkungan

Di Klungkung, Masa Pembinaan Pengurangan Kantong Plastik Dilakukan Selama 6 Bulan
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Seorang karyawan minimarket di Klungkung tampak memberikan kantong plastik kepada pembeli, Rabu (9/1/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Perdagangan Klungkung mulai mendorong retail dan UKM untuk mengganti penggunaan kantong pastik sekali pakai, dengan menggunakan tas yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini pun bisa menjadi peluang yang dapat diambil retail oleh UKM untuk kembangkan produknya

"Kami sampai saat ini masih tahap sosialisasi dan lakukan pembinaan secara bertahap selama enam bulan ke depan. Nanti akan ada sanksi adimistrasi sesuai ketentuan," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Klungkung, I Wayan Ardiasa, Rabu (9/1/2019)

Upaya ini untuk mendukung Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, yang telah terbit pada 21 Desember 2018 lalu.

Peraturan ini ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati Klungkung No.510/228/Diskop sebagai bentuk tindak lanjut Peraturan Gubernur No 97 Tathun 2018.

Melalui surat edaran itu, diharapkan toko swalayan (retail) dan para pedagang tidak lagi menggunakan kantong plastik konvensional, dan bisa diganti tas yang dapat digunakan berkali-kali.

"Selain itu, retail dan umkm juga bisa melihat ini sebagai peluang untuk menyediakan tas ramah lingkungan," jelasnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung, Anak Agung Kirana mengungkapkan, pengalihan penggunaan plastik sekali pakai ini tentu berdampak positif terhadap lingkungan.

Menurutnya, sampah pelastik sangat sulit diurai oleh tanah dan rentan  menimbulkan pencemaran lingkungan. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved