Larangan Pembuatan Ogoh-ogoh Bermuatan Politik di Denpasar

Sehari sebelum Nyepi atau saat Pengerupukan selalu identik dengan pengarakan ogoh-ogoh yang juga disertai dengan lomba ogoh-ogoh

Larangan Pembuatan Ogoh-ogoh Bermuatan Politik di Denpasar
Tribun Bali/I Putu Supartika
Ogoh-ogoh mini tahun 2018 lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hari Raya Nyepi akan berlangsung pada tanggal 7 Maret 2019 mendatang.

Dan sehari sebelum Nyepi atau saat Pengerupukan selalu identik dengan pengarakan ogoh-ogoh yang juga disertai dengan lomba ogoh-ogoh.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kota Denpasar tetap melaksanakan perlombaan ogoh-ogoh meski tahun 2019 ini memasuki tahun politik.

"Di Kota Denpasar dalam tahun politik ini tetap melaksanakan lomba ogoh-ogoh untuk melestarikan adat dan budaya serta kreativitas anak muda Denpasar,” kata Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram, Rabu (9/1/2018).

Terkait dengan tahun politik ini, pihaknya telah merancang kriteria lomba ogoh-ogoh serta melarang pembuatan ogoh-ogoh yang bermuatan politik.

Ia menambahkan, kriteria perlombaan ogoh-ogoh sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang tetap mengacu pada kriteria pembuatan ogoh-ogoh berbahan dasar alami, yang artinya tidak menggunakan bahan seperti styrofoam.

"Lomba ogoh-ogoh ini tetap dilaksanakan, namun kriteria lomba tetap mengacu seperti tahun sebelumnya dan tidak boleh berbau politik," imbuhnya.

Ia juga mengatakan tidak ada larangan membuat ogoh-ogoh dan tetap melaksanakan lomba ogoh-ogoh.

Sementara dalam menjaga keamanan dan kenyamana bersama dalam pawai dan lomba ogoh-ogoh, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh komponen lembaga adat, dinas, dan aparat keamanan di Kota Denpasar.

Hal ini nantinya diharapkan dapat bersama menjaga kondusivitas keamanan dan kenyamana bersama.(*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved