Buntut Pencapaian PAD 2018 Meleset, Rp 128 Miliar Hibah Masyarakat di Badung Tak Cair

Melesetnya pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Badung membuat ratusan milliar hibah untuk masyarakat setempat tak cair.

Buntut Pencapaian PAD 2018 Meleset, Rp 128 Miliar Hibah Masyarakat di Badung Tak Cair
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
(ilustrasi) Satu dari patung bermotif kuno yang sudah dipasang di kawasan Puspem Badung, Selasa (21/11/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Melesetnya pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Badung membuat ratusan milliar hibah untuk masyarakat setempat tak cair.

Tercatat Rp 128 miliar bantuan hibah masyarakat tidak dicairkan.

Padahal selama ini Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, mendapat julukan "bupati bares" karena jor-joran dalam menggelontorkan bantuan hibah untuk masyarakat. Bahkan, berulangkali diberikan dalam bentuk uang cash bertumpuk-tumpuk.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Badung, Ketut Gede Suyasa saat dikonfirmasi, tak menampik sejumlah bantuan hibah bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat yang belum cair di tahun 2018.

“Iya tidak semua cair, ada ratusan proposal bantuan hibah belum cair. Nominal hibah yang tidak cair sebesar Rp 128 miliar lebih, ” ujarnya, Kamis (10/1).

Menurutnya, semua hibah dari Pemkab Badung yang belum cair itu ada dari permohonan langsung dari masyarakat kepada Bupati  dan hibah yang difasilitasi oleh DPRD Badung.

"Pencairan hibah itu tergantung dari kelengkapan administrasinya," jelasnya

Kata dia, pencairan hibah tersebut juga mempertimbangkan kondisi keuangan. Karena Bupati Badung memperhitungkan waktu pelaksanaannya dan tingkat urgensi.

Pihaknya mencontohkan kegiatan yang urgen seperti piodalan dan karya ngenteg linggih. Sehingga hibah itu diprioritaskan dan tidak mungkin ditunda untuk tahun 2019.

“Pencairan hibah juga sudah banyak sebelum ada pemberitahuan dari Bapenda terkait dengan prediksi atas capaian target PAD yang dipasang pada APBD 2018, ” terangnya.

Selain itu, hibah di luar Badung banyak yang tidak cair. Ada sebanyak 294 proposal batuan hibah yang masuk ke Pemkab Badung tapi tak kunjung cair.

Begitu juga bantuan hibah Kelompok Ternak di Kabupaten Badung. Ada 20 proposal pengajuan bantuan hibah tak cair.

Seperti diketahui, target PAD Kabupaten Badung pada tahun 2018 tidak tercapai. Pemkab Badung menargetkan PAD sebesar 5,9  trilliun pada 2018, namun yang tercapai hanya 3,5 trilliun. (*) 

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved