Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2019, Universitas Udayana Siapkan 1.000 Komputer Untuk SBMPTN

Sehubungan dengan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SM-PTN) Tahun 2019 telah dikeluarkan Permenristekdikti Nomor 60 Tahun 2018.

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2019, Universitas Udayana Siapkan 1.000 Komputer Untuk SBMPTN
kontan.co.id
Ilustrasi SNMPTN 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sehubungan dengan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SM-PTN) Tahun 2019 telah dikeluarkan Permenristekdikti Nomor 60 Tahun 2018.

Di dalam peraturan tersebut diatur jalur SM-PTN 2019 meliputi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggu Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta seleksi Jalur Mandiri.

 
Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sementara untuk jalur Mandiri dilakukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

Salah satunya yang digelar oleh Universitas Udayana, dimana komposisi untuk SNMPTN di Unud sebesar minimum 20 persen, SBMPTN minimum 40 persen dan Seleksi Mandiri maksimum 30 persen.

 
“Untuk penyelenggaraan SBMPTN dulu berbasis cetak (menjawab soal-soal ujian dengan cetak. Sekarang atau untuk tahun ini berbasis digital dengan komputer diharapkan sangat lebih transparan, efisien dan akuntabel bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga calon mahasiswa dapat melihat hasilnya langsung dari tes tersebut,” ungkap Rektor Universitas Udayana Prof. Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K), Jumat (11/1/2019), di Gedung Rektorat saat press conference mengenai penerimaan mahasiswa baru tahun 2019.

 
Guna mendukung penyelenggaran SBMPTN yang berbasis komputer tersebut, pihak Universitas Udayana telah menyiapkan sebanyak 1.000 unit komputer.

Meskipun saat ini pihak Universitas Udayana kekurangan 165 unit komputer untuk mencapai 1.000 unit itu dan akan dilakukan pengadaan.

 
Selain pemenuhan 1.000 unit komputer, ruang dari beberapa fakultas seperti Ilmu Komputer, Informasi dan Teknologi, Kedokteran, Matematika akan disiapkan untuk penyelenggaraan tes SBMPTN serta bekerjasama dengan Politeknik Negeri Bali dalam pengadaan ruangan tes.

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved