Buka Ujian Kenaikan Tingkat Atlet Pencak Silat, Ini yang Giri Prasta Inginkan

Sekitar 550 peserta ikuti Ujian Kenaikan Tingkat/Danur Dara Bali tingkat Kader PSPS Bakti Negara Bali di Lapangan Umum Desa Sading, Mengwi, Bali,

Buka Ujian Kenaikan Tingkat Atlet Pencak Silat, Ini yang Giri Prasta Inginkan
TRIBUN BALI/PUTU DEWI ADI DAMAYANTHI
Pembukaan Ujian Kenaikan Tingkat/Danur Dara Bali Tingkat Kander PSPS Bakti Negara di Lapangan Umum Desa Sading, Mengwi, Bali, Sabtu (12/1/2019) oleh Giri Prasta 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA- Sekitar 550 peserta ikuti Ujian Kenaikan Tingkat/Danur Dara Bali tingkat Kader PSPS Bakti Negara Bali di Lapangan Umum Desa Sading, Mengwi, Bali, tanggal 12-13 Januari 2019.

Pembukaan Ujian Kenaikan Tingkat/Danur Dara Bali Tingkat Kader PSPS Bakti Negara Bali berlangsung di Lapangan Umum Desa Sading, Mengwi,Bali, Sabtu (12/1/2019).

Pembukaan dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali, I Nyoman Giri Prasta.

Sekitar 550 peserta mengikuti ujian tersebut dan para peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat ini berasal dari sembilan kabupaten/kota yang ada di Bali.

Ujian kenaikan tingkat pun dibagi menjadi beberapa katagori di antaranya peserta kenaikan tingkat dari merah strip III ke biru, peserta kenaikan tingkat dari biru ke biru strip I, peserta kenaikan tingkat dari biru strip I ke biru strip II, peserta kenaikan tingkat dari biru strip II ke biru strip III, peserta kenaikan tingkat dari biru strip III ke kuning, peserta kenaikan tingkat dari kuning ke kuning strip I, peserta kenaikan tingkat dari kuning strip I ke Kuning Strip II, peserta kenaikan tingkat dari kuning strip II ke Kuning Strip III.

Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali, I Nyoman Giri Prasta mengatakan bahwa ujian kenaikan tingkat ini akan dilakukan secara professional, transparan dan objektif sehingga ke depannya dapat menghasilkan atlet pencak silat yang berprestasi di tingkat daerah maupun internasional.

Baca: Pengprov IPSI Bali Optimis Pencak Silat Bakal Sumbang Medali Emas SEA Games 2019 untuk Indonesia

Baca: Plafon Gedung DPRD Badung Jebol, Begini Reaksi dan Komentar Giri Prasta

Baca: Ranting Slam Kepaon Juara Umum Kejuaraan Pendekar Cup Bakti Negara XIX 2018

“Danur Dara ini adalah seleksi untuk bagaimana PSPS Bakti Negara ini melakukan ketentuan urusan kenaikan tingkat, di sinilah kita lakukan secara professional, secara objektif, secara transparan untuk bagaimana kami menciptakan Bakti Negara Bali ini adalah Bakti Negara yang Anggugah Santi yang artinya menciptakan kedamaian, maka di mana ada Bakti Negara di situ harus dan wajib ada kedamaian, dan nanti akan menghasilkan prestasi. Nah dengan prestasi inilah melalui PSPS Bakti Negara kita akan mampu menunjukan bahwa di kancah Kabupaten, Bali , Nasional , Asia Tenggara, dan begitu juga di kancah Internasional,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan kepada para atlet tentang pentingnya menjunjung tinggi sportivitas.

Di Ujian Kenaikan Tingkat/Danur Dara Bali Tingkat Kader PSPS Bakti Negara Bali  terlihat Pesilat Bali, Komang Harik Adi Putra (24) tampak membaur dengan para peserta yang mengikuti ujian tersebut.

Pemuda yang meraih medali emas di Asian Games 2018 ini mengikuti ujian untuk mendapatkan sabuk kuning.

Ia pun optimis dapat lulus dari ujian kenaikan tingkat tersebut.  

“Kalau masalah tidak lulusnya sih saya tidak khawatir sama itu ya, yang pasti kita optimis pasti lulus. Kalau misalnya memang enggak hadir baru dianggap tidak lulus, yang penting bisa mengikuti alurnya, selesaiin sampai akhir, entar pasti bakalan lulus, “ katanya

Ia pun mengaku sedikit gugup menghadapi ujian tersebut karena teknik dari setiap tingkat yang berbeda-beda.

“Kalau yang kemarin-kemarin memang ada rasa gugupnya karena kita di tes mental juga kan, ya gimana caranya ngilangin gugupnya itu dengan cara ya bawa dengan happy, karena kayak kita ya bisalah untuk kenaikan tingkat. Kemarin kita nyarinya itu ke tingkat merah strip I ke merah strip II dan III, yang sekarang saya mencari  biru strip III ke kuning, ini naik tingkatnya lebih naik lagi gitu. Sebenarnya setiap tingkat itu kan tekniknya masing-masing kan berbed. Nah dari segi tekniknya kita harus menghafalin gerak, gimana caranya ngafalin gerak itu dengan benar sesuai dengan tingkatan sabuknya kita,” ucapnya

Pemuda kelahiran 14 Oktober 1994 silam ini menambahkan, Ujian Kenaikan Tingkat/Danur Dara Bali tingkat Kader PSPS Bakti Negara Bali merupakan ajang untuk bertemu dan berkumpul dengan teman-teman, senior maupun juniornya dari berbagai kabupaten/kota yang ada di Bali.

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved