Bahayakah Layang-Layang dan Drone Diterbangkan di Dekat Bandara? Begini Penjelasan AirNav Indonesia

Di saat musim kemarau tiba, banyak warga yang bermain layang-layang. Bahkan tiap tahun digelar festival layang-layang.

Bahayakah Layang-Layang dan Drone Diterbangkan di Dekat Bandara? Begini Penjelasan AirNav Indonesia
Net
Ilustrasi pesawat dan drone 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Di saat musim kemarau tiba, banyak warga yang bermain layang-layang. Bahkan tiap tahun digelar festival layang-layang

Namun ternyata, layang-layang tersebut membahayakan dunia penerbangan.

Selain layang-layang, pesawat tanpa awak atau drone pun dapat membahayakan dunia penerbangan.

“Pesawat kan menggunakan mesin jet yang pada prinsipnya menghisap. Jadi benda-benda kecil di sekitar mesin jet itu akan terhisap dan itu akan membahayakan. Karena akan membuat engine nya terbakar,” jelas General Manager AirNav Indonesia Cabang Denpasar, Rosedi, Senin (14/1/2019) saat di temui di seputaran Tuban Kuta. 

Rosedi menyampaikan kalau engine mesin pesawat terbakar maka kecelakaan pesawat terbang akan terjadi. 

Drone dan layang-layang itu kalau tidak di laporkan kemungkinan akan terhisap mesin pesawat. Kalau pesawatnya baling-baling itu akan merusak baling-baling pesawatnya dan merusakan mesinnya,” tambahnya.

Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan adalah wilayah daratan dan/atau perairan dan ruang udara di sekitar bandar udara yang dipergunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan.

 
Pada KKOP tidak dibenarkan adanya bangunan atau benda tumbuh, baik yang tetap (fixed) maupun dapat berpindah (mobile), yang lebih tinggi dari batas ketinggian yang diperkenankan sesuai dengan Aerodrome Reference Code (Kode Referensi Landas Pacu) dan Runway Classification (Klasifikasi Landas Pacu) dari suatu bandar udara.

“KKOP dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kurang lebih hingga ke Kawasan Pelabuhan Benoa Bali dan perairannya memutar rata radius 15 kilometer,” ungkap Rosedi.

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved