Perdana! Dua SMP di Bangli Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Dua SMP di lingkungan Kabupaten Bangli pada akhir tahun 2018 lalu, meraih penghargaan sekolah adiwiyata nasional

Perdana! Dua SMP di Bangli Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Suasana syukuran penganugerahan piagam adiwiyata di Desa Penglipuran, Senin (14//2019). Dalam acara tersebut, bupati menyerahkan secara simbolis piagam adiwiyata nasional kepada kepala sekolah SMPN 2 Bangli dan SMPN 2 Tembuku. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Dua SMP di lingkungan Kabupaten Bangli pada akhir tahun 2018 lalu, meraih penghargaan sekolah adiwiyata nasional.

Dua sekolah tersebut dianggap melaksanakan kegiatan perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup dengan baik.

Ini merupakan prestasi kali pertama diantara ratusan sekolah yang ada di Bangli.

Penghargaan tersebut diberikan sesuai keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor SK577/MENLHK/P2SDM/SDM.2/12/ 2018.

Dua sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata nasional diantaranya SMPN 2 Bangli dan SMPN 2 Tembuku.

Kepala Sekolah SMPN 2 Bangli, Ida Bagus Gede Wardana menuturkan penghargaan ini tidak terlepas dari perjuangan pihak sekolah pada program adiwiyata, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu.

Pelaksanaan program ini, kata Gus Wardana, diharapkan mampu melahirkan pola pikir untuk lebih peduli alam dan lingkungan kepada seluruh warga sekolah.

Berdasarkan hal itu pula, Gus Wardana juga mengungkapkan terdapat korelasi antara penghargaan adiwiyata yang diterima dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Sebab menurutnya, KBM tidak hanya dilaksanakan secara indoor namun juga outdoor.

“Program adiwiyata ini juga membuat sekolah menjadi lebih asri, nyaman, aman dan kondusif, sehingga siswa betah berada di sekolah. Bisa diistilahkan sekolah merupakan rumah kedua. Otomatis dengan suasana nyaman, kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan nyaman dan tidak membosankan,” ungkapnya saat ditemui disela-sela acara syukuran, Senin (14/1/2019).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved