Patroli Berkuda di Pantai Kuta Curi Perhatian, Dapat Dukungan Wisatawan hingga Diajak Selfie Bareng

Kehadiran polisi dengan menunggangi kuda mendapat perhatian dari wisatawan yang berkunjung, ada juga yang meminta selfie bareng

Patroli Berkuda di Pantai Kuta Curi Perhatian, Dapat Dukungan Wisatawan hingga Diajak Selfie Bareng
Tribun Bali/Rino Gale
Polisi berkuda di sepanjang Pantai Kuta menarik perhatian para wisatawan, Rabu (16/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Banyaknya wisatawan domestik maupun internasional yang berkunjung ke Pantai Kuta mendapat perhatian dari jajaran Unit Satwa Turangga Direktorat Sabhara Polda Bali.

Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para wisatawan, Unit Satwa Turangga melaksanakan kegiatan Patroli Berkuda di sepanjang Pantai Kuta, mulai dari pukul 11.00-15.00 Wita.

Kegiatan ini melibatkan 3 ekor kuda dan 4 personel yang dipimpin langsung oleh Bripka Sudarman.

Kehadiran polisi dengan menunggangi kuda mendapat perhatian dari wisatawan yang berkunjung.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari para wisatawan, bahkan ada juga yang mengajak selfie bareng.

Salah satunya, wisatawan asal Australia, Anna.

Bahkan, ia menyarankan agar kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan terutama di pantai.

"Bagus sekali, selain menjaga keamanan dan kenyamanan bagi kami (wisatawan), polisi berkuda juga bisa lebih mendekatkan diri dengan wisatawan lainnya," ujarnya saat ditemui, Rabu (16/1/2019)

Kanit Satwa Turangga Ditrektorat Sabhara Polda Bali, Iptu I Wayan Nuaba menjelaskan, tujuan dilaksanakan Patroli Berkuda adalah meminimalkan niat dan kesempatan bagi pelaku-pelaku tindak kejahatan (kriminal), yang akan mengambil kesempatan pada saat wisatawan sedang asyik atau sibuk beraktivitas di pantai.

"Para pelaku kejahatan biasanya mengambil kesempatan pada saat wisatawan lengah," ujarnya.

Tambahnya, sengaja memilih patroli di daerah-daerah pantai atau tempat wisata karena Patroli Berkuda lebih efektif daripada melaksanakan patroli bermotor dan patroli berjalan kaki.

Patroli berkuda juga dilaksanakan sebagai bentuk patroli dialogis dengan sasaran masyarakat maupun wisatawan yang berlibur.

"Hal ini, sebagai upaya untuk mendapat masukan atau saran serta keluhan secara langsung dari masyarakat atau wisatawan terhadap pelayanan Polri," ujarnya(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved