Gaji dan Tunjangan Muliarta Dicabut, Perbekel Desa Gadungan Tersangka Pungli

Muliartana dinonaktifkan atau diberhentikan sementara usai ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi dalam kasus pungli galian C di Desa Gadungan

Gaji dan Tunjangan Muliarta Dicabut, Perbekel Desa Gadungan Tersangka Pungli
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
DIBERHENTIKAN - Perbekel Desa Gadungan, I Wayan Muliartana (tengah) tampak berbincang-bincang, Rabu (16/1/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Perbekel Gadungan, I Wayan Muliartana tampak tergopoh keluar dari ruangan Asisten II Setda Tabanan, Rabu (16/1/2019) pagi.

Ia tak mau bicara sepatah kata pun ihwal kasus yang membelitnya.

Muliartana dinonaktifkan atau diberhentikan sementara usai ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi dalam kasus pungutan liar (pungli) galian C di Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan.

Untuk sementara, Sekretaris Desa Gadungan, Made Rustiaga ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Perbekel Gadungan.

Muliartana dipanggil Asisten II Sekda Tabanan, I Wayan Miarsana terkait kasus pungli tersebut dan sekaligus menyatakan surat pemberhentian sementara, yang juga disaksikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Camat Selemadeg Timur.

Dengan ini, gaji dan tunjangannya juga dicabut sementara.

Miarsana menyebutkan dasar pemberhentian sementara Perkebel Gadungan tersebut sesuai dengan SK Bupati Tabanan Nomor 180/81/04/HK dan HAM/2019 dikeluarkan per 7 Januari 2019.

Kemudian juga sesuai dalam aturan Permendagri Nomor 66 tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 82 tahun 2015 yang menyangkut pengangkatan dan pemberhentian kepala desa.

"Dalam pertemuan tadi, dia (Perbekel Gadungan) tak ada komentar. Artinya menerima dengan pemberhentian sementara terhadapnya karena saat ini menyandang status tersangka,” ungkap Miarsana.

SK Bupati pemberhentian sementara dikeluarkan sebagai wujud pelaksanaan peraturan, dan lebih memberi ruang agar Perbekel Gadungan lebih fokus memberikan keterangan yang diperlukan pihak kepolisian terhadap kasusnya.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved